Beranda Kesehatan Laksanakan Vaksinasi Covid-19, Dinkes Cilegon Latih Tenaga Medis

Laksanakan Vaksinasi Covid-19, Dinkes Cilegon Latih Tenaga Medis

Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

CILEGON – Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Dana Sujaksani menyatakan pihak bakal melakukan pelatihan kepada para tenaga medis dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Saat ini petugasnya sedang kita lakukan pelatihan ada sekitar 266 orang perwakilan Puskesmas, RSUD dan klinik,” ujar Dana, Kamis (7/1/2021).

Selain itu, kata Dana, pihaknya juga menyediakan sebanyak 32 tempat penyelenggaraan vaksin fasilitas pelayanan kesehatan yakni 3 rumah sakit, 9 Puskermas dan 20 klinik.

“Terkait rencana vaksinasi di Kota Cilegon ada 4 sasaran dan 4 tahapan yang bakal dilakukan,” katanya.

Pertama khusus untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) yang jumlahnya 1.342 orang akan dilaksanakan dari Januari sampai dengan April 2021.

“Keseluruhan sasaran kuota vaksin seluruh Kota Cilegon itu yang melingkupi seluruh unsur adalah 251.426 orang, terdiri dari tenaga kesehatan sebanyak 1.342 orang, petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri, Dishub, Satpol-PP dan yang berkaitan langsung dengan pandemi sebanyak 15.482,” jelasnya.

Kemudian tahapan selanjutnya yakni untuk masayarakat yang rentan salah satunya pelaku ekonomi yakni sebanyak 207.582. Tahapannya cukup panjang yakni mulai April 2021 sampai dengan Maret 2022.

“Jadi hampir satu tahun. Dan yang terkhir masyarakat lainnya kurang lebih 27.020 orang yakni April sampai Maret 2022,” terangnya.

Kemudian terkait distribusi vaksin, lanjutnya, pihaknya masih menunggu intruksi dari Pemprov Banten kapan pihaknya bisa untuk mengambil.

“Yang jelas kita sudah siapkan tempat penyimpanan vaksin lokasinya di Kantor Dinkes lama untuk nanti dijadikan tempat penyimpanan sementara vaksin sebelum didistribusikan ke rumah sakit klinik dan puskesmas,” katanya.

(Man/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini