Beranda Peristiwa Lahan Kosong di Lebak Terbakar Hebat, Warga Khawatir Api ke Pemukiman

Lahan Kosong di Lebak Terbakar Hebat, Warga Khawatir Api ke Pemukiman

Petugas Damkar Kabupaten Lebak saat memadamkan api dilahan yang terbakar.

LEBAK – Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lebak, Banten, menerjunkan 1 unit mobil Damkar untuk memadamkan api di lahan yang berada di Perumahan Lebak Rahayu, Desa Kalang Anyar, Kecamatan Kalang Anyar, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (18/8/2023).

Petugas Damkar bergerak cepat menghalau api agar tak merembet ke pemukiman warga. Siti Asiyah, salah seorang warga yang menyaksikan kejadian menyebutkan langsung memberi kabar kepada warga lain agar api tak merembet ke pemukiman warga.

“Saya kaget ada api dilahan kosong depan Perumahan Rahayu, dan saya pun langsung mengabarkan kepada warga untuk segera menelpon petugas Damkar,” kata Siti Asiyah saat ditemui BantenNews.co.id, Jumat (18/8/2023).

Sementara itu, Asep Kepala Regu Damkar Lebak mengatakan, jika anggotanya menerima laporan dari warga adanya kebakaran lahan kosong di depan Perumahan Rahayu sekira pukul 12.30 WIB.

“Setelah mendapatkan laporan tersebut, anggota pun meluncur ke lokasi dan berusaha memadamkan api yang telah merambat diarea lahan kosong tersebut,” ucap Asep.

Ia menambahkan, api sangat cepat merambat dikarenakan pepohonan yang ada dilahan kosong yang sudah kering ditambah angin yang cukup kencang, sehingga api cepat merambat.

“Dugaan sementara Kebakaran lahan kosong tersebut adanya seseorang yang membuang kuntrung rokok atau ada yang membakarnya,” imbuhnya.

Asep mengimbau kepada masyarakat Lebak agar jangan membakar sampah ataupun membuang kuntrung rokok sembarangan. Sebab saat ini kondisi di Kabupaten Lebak sedang musim kemarau dan tentunya akan gampang terjadinya kebakaran.

“Pada musim kemarau sebaiknya hindari membakar sampah, entah sampah organik maupun nonorganik. Karena hal tersebut ditakutkan dapat memicu kebakaran semakin meluas apabila percikan api mengenai lahan yang ditumbuhi rumput kering, maupun bahan yang mudah terbakar lainnya,” imbaunya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini