Beranda Olahraga Laga Perdana Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Takluk dari Singapura

Laga Perdana Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Takluk dari Singapura

Pemain Timnas Indonesia (Putih) berebut bola dengan pemain Singapura (merah) di Pertandingan Piala AFF 2018 - Foto istimewa detik.com

Timnas Nasional (Timnas) Indonesia harus mengakui keunggulan Singapura. Tim Garuda menelan kekalahan di laga pertama Grup B Piala AFF 2018. Skuat Garuda menelan kekalahan tipis 0-1 dari Singapura.

Dalam babak pertama di National Stadium, Jumat (9/11/2018) malam WIB, Singapura unggul 1-0 di babak pertama. Harris Harun yang menjadi pencetak gol untuk tim asuhan Fandi Ahmad pada menit ke-37.

Serangan balik cepat Singapura berbahaya di menit ke-47. Tendangan lob Muhammad Faris Ramli mengenai mistar gawang yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa.

Febri Hariyadi melepaskan tembakan jarak jauh ada menit ke-67. Arahnya masih kurang akurat, bolanya menyamping ke arah kiri gawang Singapura.

Tendangan Zulfiandi dari tiga menit berselang juga sama. Jaraknya amat jauh, bolanya melesat.

Di menit ke-71, Andritany berbenturan dengan Faris Ramli. Pahanya terkena benturan saat melakukan penyelamatan.

Hingga lebih dari 70 menit, Indonesia masih buntu. Belum ada ancaman berarti ke gawang The Lions.

Indonesia mengancam di menit ke-75. Tendangan dari Rizki Rizaldi Pora dari tepi kotak penalti Singapura masih bisa ditangkap oleh Hassan Abdullah Sunny.

Stefano Lilipaly yang tak bermain optimal akhirnya diganti pada menit ke-84. Septian David Maulana yang dimasukkan untuk mengubah strategi membongkar pertahanan Singapura.

Putu Gede Juni Antara mendapat kartu kuning kedua di masa injury time. Dia melakukan pelanggaran keras pada Adam Swandi saat berduel udara, Indonesia defisit satu pemain.

Singapura terus melakukan garis pertahanan tinggi untuk mencegah Indonesia mendekati pertahanan. Hingga pertandingan selesai, skor 1-0 untuk keunggulan Singapura tak berubah.

Dengan kekalahan ini, Indonesia ada di peringkat keempat Grup B karena belum mengumpulkan poin.

Susunan Pemain

Singapura: 18 Hassan Abdullah Sunny, 2 Sakhir Hamzah (Nazrul Ahmad Nazari 86), 16 Irfan Fandi Ahmad, 21 Muhammad Sauwfan Baharudin, 7 Muhammad Zulqarnaen Suzlisman, 10 Muhammad Faris Ramli, 11 Muhammad Yasir Hanapi, 13 Muhammad Izzdin Safiq Yacob, 14 Harris Harun, 22 Gabriel Quak (Adam Swandi 78), 20 Ikhsan Fandi Ahmad (Khairul Amri 90)

Indonesia 26 Andritany Ardhiyasa, 2 Putu Gede Juni Antara, 14 Rizki Rizaldi Pora, 15 Ricky Fajrin (Fachrudin Aryanto 64), 23 Hansamu Yama Pranata, 4 Zulfiandi, 6 Evan Dimas Darmono, 10 Stefano Lilpaly (Septian David 84), 13 Febri Hariyadi, 18 Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46), 9 Alberto Goncalves

Singapura Kalahkan Indonesia lewat Analisis Video

Fandi Ahmad mengungkap sejumlah kunci kemenangan Singapura atas Indonesia. Analisis permainan Indonesia melalui video salah satunya.

Singapura menang 1-0 dari Indonesia di matchday pertama Grup B Piala AFF 2018. Gol kemenangan The Lions dicetak oleh Hariss Harun pada menit ke-37.

Fandi mengungkapkan beberapa kunci keberhasilan timnya mengalahkan Indonesia. Pertama adalah analisis permainan tim Garuda, dengan menelaah 4-5 video.

Dari sana pula dia mendapatkan kesimpulan, bahwa mematikan winger Indonesia yakni Febri Hariyadi dan Irfan Jaya bakal krusial.

“Sebenarnya kami tahu kekuatan Indonesia dari analisa 4 sampai 5 video pertandingan. Kekuatan mereka kami dapat di sana,” kata Fandi dalam konferensi pers usai laga.

“Kami tutup rapat pertahanan. Tak ada ruang untuk Febri dan Irfan. Mereka itu bahaya. Kecepatan mereka luar biasa,” tambah Fandi.

Sementara itu Pelatih Bima Sakti mengakui sebagai hasil yang buruk. Bima sudah memprediksi laga pertama itu cukup berat. Dia pun akan membenahi tim besutannya menuju laga kedua.

“Selamat untuk Singapura atas kemenangannya. Ini hasil buruk buat kami. Kami harus banyak persiapan lagi untuk laga nanti,” ujar Bima usai pertandingan.

“Ini pekerjaan rumah buat saya. Saya sudah kira kalau laga pertama bakal berat. Masalah emosi pemain juga jadi tanggung jawab saya,” dia menambahkan.

Dengan kekalahan itu, Indonesia mendiami peringkat keempat di papan klasemen Grup B Piala AFF 2018. Di laga lain, Thailand berhasil menuai kemenangan telak atas Tiimor Leste 7-0.

Terdekat, Indonesia menjalani laga homedengan Timor Leste. Pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11).

(Red/detik.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini