Beranda Pemerintahan Labkesda Pandeglang Masih Banyak Kekurangan SDM

Labkesda Pandeglang Masih Banyak Kekurangan SDM

Foto istimewa

PANDEGLANG – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang sedang mengikuti akreditasi.

Kadinkes, Raden Dewi Setiani berharap hasil dari penilaian tim surveyor, Labkesda mendapatkan akreditasi penuh. Demikian dikatakan Raden Dewi Setiani usai pembukaan acara akreditasi, Kamis (28/11) di aula Labkesda.

Ada tiga bentuk hasil penilaian bagi Labkesda dari tim surveyor yaitu tidak lulus, lulus bersyarat, dan lulus penuh. Dikatakan Dewi, dirinya optimis Labkesda Pandeglang bisa mendapatkan akreditasi penuh, hal ini kata Dewi melihat dari beberapa faktor yang telah dipersiapkan.

“Kami sudah mempersiapan mengenai sarana, dokumen, dan semangat tim dalam meningkatkan kualitas pelayanan, semoga bisa didukung dan dibuktikan oleh dokumen yang ada,” terangnya melalui siaran tertulis.

Dewi menyadari saat ini di Labkesda sendiri masih keterbatasan dari sisi Sumberdaya Manusia (SDM) atau tenaga medis seperti analis Laboratorium.

” Makadari itu kami sudah mengajukan kepada pihak kepeggawaian agar jika ada formasi bisa ditambahkan untuk analis laboratorium,” pungkasnya.

Sekda Pandeglang, Pery Hasanudin saat membuka acara tersebut mengungkapkan, proses akreditasi ini merupakan tahapan yang sangat penting untuk dilaksanakan.

“Dengan adanya akreditasi ini Laboratorium akan memiliki legalitas yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan,” kata Sekda.

Pery berpesan kepada jajaran pengelola Labkesda agar terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk peningkatan drajat kesehatan masyarakat.

“Kesehatan merupakan pelayanan dasar yang harus terpenuhi. Saya harap, Labkesda ini dapat melaksanakan fungsinya sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Menurut Pery, tujuan dari akreditasi tidak hanya sebagai bentuk pembuktian bahwa Labkesda ini memiliki legalitas semata. Namun, lebih dari itu, harus ada peningkatan mutu pelayanan bagi kesehatan masyarakat.

” Hasil evaluasi dari tim surveyor nanti dapat dijadikan rujukan untuk perbaikan pelayanan,” tutupnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ