Beranda Pendidikan Kwarcab Kota Tangerang Gelar Apel Siaga Bencana

Kwarcab Kota Tangerang Gelar Apel Siaga Bencana

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tangerang menggelar Apel Siaga Bencana dan lauching Scout Rescue Ambulance dilaksanakan di Taman Pramuka, Kota Tangerang pada Jumat (30/12/2022) - Foto istimewa

TANGERANG – Guna kesiapsiagaan dan antisipasi terhadap bencana alam, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tangerang menggelar Apel Siaga Bencana dan lauching Scout Rescue Ambulance dilaksanakan di Taman Pramuka, Kota Tangerang pada Jumat (30/12/2022).

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Sarpras Keuangan, Engkos Zarkasyi menjelaskan bahwa tujuan Apel Siaga Bencana ini merupakan bentuk kesiagaan anggota Pramuka dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi di Kota Tangerang.

“Kita tidak berharap ada bencana alam di Kota Tangerang, namun kesiapsiagaan ini harus kita lakukan bersama. Adapun kesiapan yang telah kami lakukan antara lain kesiapan 150 personil yang terdiri dari Penegak Pandega, Kesakaan yang telah dibina oleh Wakil Ketua masing-masing, adapun kesiapan lainnya seperti peralatan, dan posko,” jelas Engkos dalam keterangannya.

Pada kesempatan yang sama, Kwarcab Kota Tangerang juga melaunching Scout Rescue Ambulance yang berguna untuk membantu evakuasi para korban bencana alam. Tentunya ambulance tersebut siaga selama 24 jam untuk masyarakat Kota Tangerang.

“Alhamdulillah kita memiliki ambulance yang tentunya sangat berguna untuk kegiatan evakuasi korban bencana nantinya. Semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan. Terlebih ambulance tersebut siaga selama 24 jam,” lanjut Engkos.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang, Maryono mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kwarcab Kota Tangerang dan merasa terbantu dengan adanya kesiapsiagaan para anggota Pramuka Kota Tangerang terhadap bencana alam yang akan terjadi.

“Anggota Pramuka telah kami latih mengenai kesiapsiagaan maka dari itu diharapkan dapat membantu personil BPBD yang akan melakukan evakuasi dan pertolongan. Selain itu kami juga telah mempersiapkan alat dan perangkat untuk membantu para anggota Pramuka yang akan bertugas nantinya,” tutup Maryono.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News