Beranda Kesehatan Kurang Minum Bisa Sebabkan Stroke dan Penyakit Jantung?

Kurang Minum Bisa Sebabkan Stroke dan Penyakit Jantung?

Ilustrasi - foto istimewa guesehat.com

Belum lama ini di media sosial beredar informasi yang menyebut bahwa kurang minum bisa membuat darah kental sehingga berisiko terjadi strokeatau serangan jantung.

“Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak tersendat. Otak tidak lagi encer karena sel-sel otak adalah yang paling borong mengonsumsi makanan dan oksigen. Ini yang mengakibatkan stroke,” contoh potongan pesan dari informasi yang beredar di media sosial.

Menanggapi hal tersebut spesialis jantung dr Vito A Damay, SpJP (K), MKes, FIHA, FICA menjelaskan bahwa memang kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada kekentalan darah. Secara logika darah kental akan membuat kerja jantung lebih berat oleh karena itu risiko stroke atau serangan jantung tentu ada.

Namun demikian dr Vito menegaskan bahwa masalah kurang minum air bukan faktor utama terjadinya penyakit kardiovaskular.

Ada hal lain yang harus lebih diperhatikan oleh seseorang misalnya hipertensi, kolesterol, diabetes, hingga kebiasaan merokok.

“Orang cenderung cari oh ini menyebabkan ini, ini menyebabkan ini. Memang iya tapi yang paling utama jangan dilupakan. Mau minum air tiap hari juga kalau masih merokok ya sama aja,” kata dr Vito ketika seperti dilansir detik.com.

“Jadi walaupun benar bisa berkontribusi tapi itu enggak terlalu besar dibandingkan faktor utama kaya kolesterol tinggi, merokok, kencing manis, hipertensi. Itu yang utama,” pungkasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini