Beranda Peristiwa Kunjungi Lebak, Gubernur Jawa Barat Sumbang Warga Terdampak Bencana

Kunjungi Lebak, Gubernur Jawa Barat Sumbang Warga Terdampak Bencana

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berkunjung ke lokasi bencana di Kabupaten Lebak. (IST)

LEBAK – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kunjungi jembatan Cimadur yang putus pekan kemarin yang berlokasi di perbatasan antara Desa Bayah Timur dan Desa Cimancak, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kamis (20/10/2022).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini datang ke lokasi jembatan putus di Kampung Legon, Sukajaya, Desa Bayah Timur, didampingi oleh mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, dan beberapa pihak lainnya.

Dalam kunjungannya, selain memantau kondisi jembatan yang putus, Kang Emil juga membawa bantuan uang tunai dari Bank Jabar Banten (bjb) senilai Rp500 juta untuk warga terdampak bencana di Kabupaten Lebak.

“Saya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Saya datang ke sini untuk ngasih bantuan melalui bank kebanggaan kita yang mana ini ada sedikit bantuan keuangan Rp500 juta. Silakan dimanfaatkan untuk wilayah terdampak, dan bantuan ini difasilitasi oleh Pak Wakil Bupati, silakan diatur untuk bantuan kemanusiaannya,” ujar Kang Emil.

Kang Emil menjelaskan, bantuan itu untuk bantuan kemanusiaan para warga terdampak bencana di Bayah. Sementara, hal lainnya nanti akan dibahas kembali dengan Pemda Lebak.

Kang Emil mengatakan, dirinya bukan tanpa alasan menempuh jarak jauh dari Bumi Pasudan ke Kabupaten Lebak. Sebab dirinya mengaku memiliki darah warga Banten, sehingga musibah yang dialami warga Banten turut juga dirasakan oleh dirinya juga warga Jawa Barat lainnya.

“Saya titipkan salam dari 50 juta warga Jawa Barat ke warga Lebak. Jawa Barat dan Banten sendiri adalah saudara. Dan saya sendiri memiliki darah dari keluarga di Banten. Sehingga waktu kemarin saya melihat berbagai pemberitaan adanya musibah yang tengah melanda warga Lebak, saya langsung tergerak. Makanya saya perintahkan bjb untuk memberikan bantuan dimanapun berada, khususnya provinsi yang tengah mengalami bencana,” kata Kang Emil.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga meminta kepada warga terdampak bencana di Banten untuk bersabar. Sebab katanya, Allah sendiri tidak akan memberikan cobaan jika hambanya tidak bisa melewatinya.

“Dalam kehidupan ini ada dua yang perlu dilakukan, pertama saat urusan nikmat kita jangan lupa bersyukur. Dan saat terjadi musibah jangan lupa bersabar. Allah tidak akan memberikan sesuatu yang melebihi kapasitas kita,” tukasnya.

Usai menyerahkan bantuan, Kang Emil langsung bertolak ke Lapangan Merdeka di belakang kantor Kecamatan Bayah dan bertolak ke Rangkasbitung ke kediaman Mulyadi Jayabaya dengan menggunakan helikopter dari pihak kepolisian. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini