Beranda Kesehatan Kulit Pisang Juga Ternyata Bisa Diolah Jadi Tepung dan Kaya akan Nutrisi

Kulit Pisang Juga Ternyata Bisa Diolah Jadi Tepung dan Kaya akan Nutrisi

Ilustrasi - foto istimewa medcom.id

SERANG –  Ternyata kulit pisang mengandung gizi yang melimpah, tidak kalah dengan buahnya. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kuli pisang yang direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi tepung, dapat diolah menjadi makanan yang sama enaknya dengan kue yang terbuat dari gandum.

Peneliti mengatakan produk kulit pisang sangat aman dikonsumsi. Bahkan, memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang dapat melawan kanker.

Dalam percobaan, dilansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), kue gula yang dibuat menggukan tepung kulit pisang mengandung lebih banyak serat, magnesium, potasium, dan senyawa antioksidan.

Tetapi sisi negatifnya, terlalu banyak menggunakan kulit pisang akan menghasilkan kue panggang yang agak cokelat dan keras, kemungkinan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Produk dari kulit pisang juga dapat disimpan dengan baik selama tiga bulan dalam suhu kamar.

Walau studi ini hanya menggunakannya untuk kue panggang, peneliti menyarankan untuk mengolah tepung kulit pisang dalam roti dan pasta.

Tahun lalu, sebuah penelitian terhadap kue kulit pisang menemukan bahwa kuning dari kulit memberi warna makanan alami.

Studi pada 2016 juga menemukan bahwa mengganti tepung terigu dengan 10 persen tepung kulit pisang dapat memperkaya roti panggang dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak.

Baca Juga:Konsumsi Buah Pisang Dapat Menyehatkan Kulit Wajah Kamu, Benarkah?

Tidak hanya sebagai pilihan yang sehat, mengonsumsi kulit pisang juga bisa membantu mengurangi sisa makanan. Sekitar 40 persen berat pisang ada di kulitnya, dan bagian yang kaya nutrisi ini dibuang begitu saja.

Tetapi ingat, bukan berarti bisa memakan kulit pisang mentah.

(Red)