Beranda Nasional Kualitas SDM di Wilayah Indonesia Masih Jadi Tantangan

Kualitas SDM di Wilayah Indonesia Masih Jadi Tantangan

Wisuda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada beberapa wilayah di Indonesia masih menjadi tantangan. Salah satunya Nusa Tenggara Barat (NTB) yang saat ini memiliki Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT) rata-rata baru mencapai 18%.

Karena itu, Perguruan Tinggi di NTB perlu menyelenggarakan program pendidikan yang lebih aplikatif (terapan), vokasional serta mengajarkan entrepreneurship (kewirausahaan), agar lulusannya mampu mengelola dan mengembangkan potensi alam dan pembangunan berbasis kebudayaan setempat.

“Hal ini saya tegaskan pada Wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB, melalui konferensi video,” kata KH Ma’ruf Amin dikutip dari media sosial resminya, Senin (8/3/2021).

Pihaknya mengingatkan civitas akademika UNU agar mampu menjaga nasionalisme dalam bingkai keragaman yang ada di Indonesia melalui pembinaan wawasan kebangsaan agar tidak terjerumus dalam ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme.

“Saya mengimbau agar UNU NTB merespon perubahan yang terjadi akibat pandemi Covid-19. Perubahan tatanan ini harus direspon dengan cepat dengan melakukan berbagai inovasi, penyesuaian, penguatan, dan percepatan berbasis teknologi informasi agar pendidikan tidak berhenti dan tetap berkelanjutan,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini