Beranda Politik KTP Sakti Ala Ganjar-Mahfud Dianggap Efektif Minimalisir Penyelewengan Distribusi Bansos

KTP Sakti Ala Ganjar-Mahfud Dianggap Efektif Minimalisir Penyelewengan Distribusi Bansos

Rano Karno menerima SK sebagai Ketua TIm Pemenangan Daerah Ganjar Pranowo - Mahfud MD untuk wilayah Banten. (IST)

JAKARTA –  Pasangan capres-cawapres  Ganjar-Mahfud memiliki program bantuan sosial atau bansos dan pelayanan lewat KTP Sakti.

Peneliti Center of Youth and Population Research (CYPR), Boedi Reza menilai  program bansos memang efektif untuk membantu ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Perluasan program bansos tentunya sangat baik untuk menyokong masyarakat, terutama yang perekonomiannya menurun setelah terhantam oleh pandemi Covid,” kata Boedi lewat keterangan tertulisnya, Minggu (24/12/2023).

Menurutnya, penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sangat membantu untuk pendistribusian bansos agar bisa tepat sasaran dan efisien kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Penggunaan NIK sebagai alat untuk mengidentifikasi penerima sekaligus mengintegrasikan Bansos merupakan langkah maju dan memperlihatkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan orang yang sangat progresif dan visioner,” ujarnya.

Boedi menilai program KTP Sakti ala Ganjar-Mahfud bisa meminimalisir adanya penyelewengan saat pendistribusian bansos.

“Tentunya dengan penggunaan NIK, verifikasi penerima dapat dilakukan secara cepat, masyarakat tidak memerlukan syarat-syarat atau pemenuhan berkas administrasi yang merepotkan,” katanya.

Seperti diketahui, Ganjar-Mahfud, memastikan melanjutkan program bansos. Program yang disetujui DPR dan telah dianggarkan di Kementrian Keuangan itu ke depan akan disalurkan dengan lebih tepat sasaran dengan adanya KTP Sakti. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini