Beranda Advertorial Krakatau Posco Giatkan Program Pengembangan Masyarakat Holistik

Krakatau Posco Giatkan Program Pengembangan Masyarakat Holistik

100
0
Bergerak Selaras dengan Program Pemerintah Setempat, Bersinergi dalam Mencapai Tujuan Bersama Mewujudkan Masyakat yang Sehat dan Sejahtera

KRAKATAU POSCO GIATKAN PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT HOLISTIK

Mendorong Stimulasi Sosial dan Ekonomi Melalui Pembangunan Rumah, Sarana Sanitasi dan Sarana Pendidikan bagi Masyarakat Cilegon

CILEGON – Sebagai wujud implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan, PT KRAKATAU POSCO bekerjasama dengan Posco 1% Foundation Korea menjalankan program Corporate Social Responsibilty (CSR) dengan tema “Holistic Community Development” di Kelurahan Samangraya, Kubangsari, Tegal Ratu, dan Banjarnegara, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Untuk program tersebut, PT KRAKATAU POSCO dan Posco 1% Foundation didukung oleh NGO Habitat sebagai pelaksana lapangan. Secara berkesinambungan program akan dilaksanakan selama kurun waktu 3 (tiga) tahun, terhitung sejak 2018 hingga 2020.

Program Holistic Community Development Berupaya Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Program pengembangan Masyarakat secara holistik bertujuan untuk memberikan stimulasi sosial dan ekonomi bagi masyarakat melalui pembangunan dan renovasi rumah, penyediaan sarana air bersih dan sanitasi, meningkatkan sarana pendidikan, serta pelatihan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat.

Target program tersebut meliputi pembangunan 1 unit fasilitas pengelolaan sampah, pembangunan 25 unit rumah baru, renovasi 100 unit rumah, renovasi 3 unit sekolah, pembuatan 150 unit toilet/jamban individu, pembangunan 2 unit toilet umum, pembangunan 2 unit sarana air bersih, serta berbagai pelatihan untuk masyarakat.

Program Holistic Community Development ini diharapkan dapat selaras dengan program pemerintah dalam hal meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama pada aspek kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Program Holistic Community Development Berupaya Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Dalam praktiknya, konstruksi bangunan dikerjakan secara gotong royong, dan model bangunan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan penerima bantuan. Peran serta masyarakat dan penerima bantuan, menjadi penting agar tumbuh rasa kepemilikan dan kesadaran untuk menjaga serta merawat infrastruktur yang telah dibangun.

Adapun proses pemilihan rumah yang akan dibangun baru maupun di renovasi, dilakukan oleh tim panitia yang terdiri dari unsur masyarakat dan kelurahan. Hal tersebut agar rumah yang dipilih sesuai dengan kriteria, tepat sasaran, dan disepakati bersama oleh masyarakat. Dalam program ini, keterlibatan dan peran aktif masyarakat secara langsung menjadi kunci utama kesuksesan program.

Melakukan Survei dan Pemetaan ke Lokasi Penerima Bantuan untuk Memastikan Program Berjalan Tepat Guna dan Tepat Sasaran

Guna semakin meningkatkan rasa solidaritas, gotong royong, dan kebersamaan dengan masyarakat, pada akhir Agustus 2018 telah direncanakan kegiatan Global Volunteer yang melibatkan partisipan dari PT KRAKATAU POSCO dan POSCO Korea. Kegiatan Global Volunteer akan berlangsung selama 5 (lima) hari dengan melibatkan 90 orang sukarelawan, yang terdiri dari 50 karyawan POSCO Korea, 2 karyawan POSCO Polandia, 10 orang mahasiswa penerima beasiswa TJ Park Foundation, serta 30 Karyawan PT KRAKATAU POSCO dan PT POSCO INDONESIA INTI. Para sukarelawan tersebut akan bergotong royong membantu pembangunan rumah mulai dari pembuatan pondasi, pemasangan pintu dan jendela, pemasangan bata, hingga pengecatan.

Melalui kegiatan sosial yang fokus terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat ini, diharapkan semakin mengokohkan sinergi perusahaan, karyawan, pemerintah, dan masyarakat dalam meraih cita-cita bersama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. (Advertorial)