Beranda Politik KPU RI Klaim Distribusi Surat Suara Pemilu 2024 Nyaris Selesai

KPU RI Klaim Distribusi Surat Suara Pemilu 2024 Nyaris Selesai

Petugas sortir dan lipat surat suara.

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengklaim distribusi logistik Pemilu 2024 sudah hampir selesai.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan distribusi surat suara sudah sampai di kabupaten/kota dan sudah dilakukan sortir lipat. Kemudian, surat suara akan dikemas ke dalam kotak suara.

“Dikatakan sudah 98 persen sudah disortir, sudah dilipat dan sudah siap untuk masuk packing di kotak suara sesuai dengan alamat TPS masing-masing, sesuai dengan alamat daerah pemilihnya (dapil) masing-masing,” kata Haysim kepada wartawan, Selasa (23/1/2024).

Dia menjelaskan bahwa ada beberapa KPU kabupaten/kota yang belum menerima logistik pemilu tersebut lantaran situasi kondisi geografis, cuaca maupun bencana alam.

Salah satunya, terdapat kendala di Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah karena pada proses pengantaran logistik pemilunya, terhalan jalan longsor karena hujan deras.

“Berdasarkan itu, KPU berkoodinasi dengan pemerintah daerah setempat dan juga dengan kepolisian dan TNI untuk mendaptkan dukungan bantuan untuk mendorong mengamankan distribusi logistik sampai ke gudang-gudang yang dituju,” tutur Hasyim.

Dengan begitu, dia melanjutkan, KPU telah berkoodinasi dengan pemerintah daerah setempat bersama kepolisian dan TNI untuk mendapatkan dukungan bantuan untuk mengamankan distribusi logistik sampai ke gudang yang dituju.

“Insyaallah kalau berdasarkan pantauan monitoring supervisi kami di KPU pusat kepada KPU kabupaten kota. Kalau kami tanya ya teman-teman KPU kabupaten kota, kami tanya suasana kebatinannya, sudah relatif tenang,” ujar Hasyim.

“Karena berbagai macam logistik terutama surat suara sudh diterima dan sudah dilakukan sortir dan pelipatan,” tandas dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini