Beranda Pemilu 2024 KPU RI Bakal Gelar Lima Sesi Debat Capres-Cawapres di Kota Berbeda

KPU RI Bakal Gelar Lima Sesi Debat Capres-Cawapres di Kota Berbeda

Pasangan Anies-Muhaimin nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor ururt 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3 saat penetapan nomor urut pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Foto istimewa suara.com)

SERANG – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz mengatakan pihaknya berencana mengadakan debat bagi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebanyak lima kali di beberapa kota.

Dia menjelaskan debat ini rencananya akan dilakukan sebanyak lima kali secara bergantian antara calon presiden dengan calon wakil presiden.

“Sampai akhir 2023 itu dua kali, kemudian di awal tahun sampai nanti jelang akhir masa kampanye itu tiga kali,” kata Mellaz di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023).

“Jadi nanti selang-seling tuh, capres-cawapres, capres-cawapres dengan tema yang berbeda-besa,” tambah dia melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Lebih lanjut, Mellaz mengatakan tema-tema yang dibahas pada debat nanti sudah sampai tahap finalisasi.

Ia berjanji akan mengumumkan tema-tema yang tengah digodok pihak KPU tersebut.

“Tema sudah disusun-susun kan sudah difinalisasi. Nanti pasti diumumin,” ujar Mellaz.

Mengenai lokasi pelaksanaan debat capres dan cawapres, Mellaz mengatakan salah satunya akan digelar di Jakarta.

“Kami punya rencana nanti satu di Jakarta, yang empat kalau bisa di luar Jakarta biar diputar mulai dari ujung Indonesia barat, tengah, seperti itu,” tandas Mellaz.

Kalau menurut Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum, debat capres-cawapres akan dibagi ke dalam enam segmen.

Sesuai dengan aturan yang ada, debat bakal berlangsung selama 150 menit dengan rincian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk jeda iklan.

Seperti pelaksanaan sebelumnya, debat capres-cawapres akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional.

Rancangan debat capres-cawapres kali ini berbeda dengan konsep yang digunakan di Pilpres 2019 silam.

Sebab, pada pesta demokrasi empat tahun lalu, KPU memusatkan gelaran debat capres-cawapres hanya di Jakarta saja.

Kala itu, KPU menggelar debat capres-cawapres yang mempertemukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini