Beranda Politik KPU Pandeglang Uji Coba Perakitan Kotak Suara Pemilu 2024

KPU Pandeglang Uji Coba Perakitan Kotak Suara Pemilu 2024

Perakitan kotak suara oleh KPU Pandeglang. (memed/bantennews)

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang melakukan uji coba perakitan kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Perakitan kotak suara tersebut dilakukan di gudang logistik KPU Pandeglang yang berada di Jalan AMD Lintas Timur Kampung Samaboa, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Ketua KPU Pandeglang, Nunung Nurazizah menyampaikan, uji coba perakitan kotak suara sudah dilakukan sejak Senin
(18/12/2023) kemarin dengan melibatkan sekitar 10 orang warga sekitar untuk membantu melakukan perakitan.

“Kami mulai dari hari Senin kemarin karena ini pada dasarnya uji coba kapasitas gudang jadi tidak kami targetkan semuanya (dirakit). Kami merekrut 10 orang dari warga sekitar dan upahnya hanya Rp1.700 untuk 1 kotak suara, jadi kami bayaran tergantung jumlah kotak suara yang selesai perharinya,” kata Nunung, Kamis (21/12/2023).

Nunung membeberkan, tujuan dari perakitan ini selain sebagai uji coba juga untuk mengisi ruang yang masih kosong di gudang logistik dan memberikan ruang kosong lain untuk logistik Pemilu yang akan datang nanti.

“Ini hanya untuk mengisi sisi gudang yang masih kosong dan mencicil beberapa space untuk kedatangan surat suara. Supaya gudang tidak terlalu penuh maka kami segera rakit untuk disisihkan di tempat yang masih kosong dan bekas tempat kosong tadi akan diisi oleh surat suara,” ujarnya.

Kata dia, hingga Rabu (20/12/2023) sore kemarin kotak suara yang sudah selesai dirakit melebihi angka 4.000 kotak suara. Diperkirakan, jumlah kotak suara yang akan selesai dirakit hingga hari ini bisa mencapai 5.000 kotak suara.

“Ini masih melakukan perakitan dan kami targetkan hari ini terakhir dulu untuk perakitan karena ruang yang kosong hampir penuh, kami menyiasati untuk memasukkan busa dan tinta dulu ke dalam kotak suara presiden, hal itu untuk mensiasati tempat juga untuk menyicil pekerjaan karena khawatir kalau terlalu banyak item takut lupa atau terlewat,” terangnya.

“Yang dirakit kotak suara untuk presiden saja, untuk jenis tinta dan busa itu hanya di kotak suara presiden. Kemungkinan sampai hari ini bisa 5.000 kotak suara yang dirakit, ini ruang kosongnya juga semakin sempit jadi kami juga menggeser beberapa logistik yang ada di gudang kecil,” sambungnya.

Ia berharap, surat suara untuk pemilu segera datang karena akan segera dilakukan pelipatan mengingat waktu pemungutan suara yang sudah semakin dekat.

“Untuk perakitan (kotak suara ) selanjutnya nanti kami pertimbangkan dengan ruang kosong dan logistik yang lain. Syukur-syukur kalau memang (surat suara) itu segera datang segera kami eksekusi sebab waktu juga sudah menyempit dan di gudang atas ini bilik suara juga menempati setengah gudang sehingga kami membutuhkan ruang kosong yang cukup banyak. Kalau ini bisa dieksekusi lebih cepat lebih baik,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini