Beranda Pemilu 2024 KPU Pandeglang Temukan Ratusan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

KPU Pandeglang Temukan Ratusan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Ketua KPU Pandeglang Nunung Nurazizah (kedua dari kanan) menunjukkan surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2024 (Foto Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menemukan banyak surat suara Pemilu mengalami rusak. Kerusakan tersebut ditemukan saat proses pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU yang berada di jalan AMD Lintas Timur Kampung Samaboa, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Ketua KPU Pandeglang, Nunung Nurazizah menyampaikan, jumlah surat suara yang dikirim dari distributor untuk Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Pandeglang sudah sesuai dengan kebutuhan. Namun pada saat pelipatan, petugas menemukan banyak surat suara yang mengalami rusak.

“Hasil sementara sortir surat suara Pemilu 2024 diiterima sesuai kebutuhan sejumlah 1.017.590 masing-masing jenis surat suara. Surat suara PPWP total rusak 76 lembar terdiri dari sobek 55 lembar, blanko 15 lembar, dan terkena noda 6 lembar. Sedangkan surat suara DPRD Provinsi Banten total rusak 162 lembar terdiri dari sobek 67 lembar, terkena noda 41 lembar, warna pudar 12 lembar, berkerut 14 lembar dan potongan tidak rata 8 lembar,” kata Nunung, Senin (15/1/2024).

Nunung memastikan semua jenis surat suara untuk Pemilu tahun 2024 sudah diterima 100 persen dari distributor dan sedang dilakukan pelipatan. Saat ini, kata Nunung, surat suara yang sedang dilakukan pelipatan adalah surat suara untuk DPR RI.

“Ya sudah diterima 100 persen, sekarang masih pelipatan surat suara DPR RI,” jelasnya.

Rencananya, surat suara rusak akan dikembalikan ke distributor untuk dilakukan penggantian dengan surat suara yang baru. Tidak menutup kemungkinan, surat suara rusak bisa bertambah lagi mengingat proses pelipatan masih berlangsung.

“Surat suara rusak dikirim ke penyedia untuk diganti. Masih proses pelipatan DPR RI, DPD, DPRD Pandeglang, pastinya akan ada temua lainya,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini