Beranda Politik KPU Pandeglang Bakal Gelar PSU di TPS 13 Tanggal 24 Februari

KPU Pandeglang Bakal Gelar PSU di TPS 13 Tanggal 24 Februari

Ketua KPU Pandeglang Nunung Nurazizah.

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang akhirnya memutuskan akan menindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu dengan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 13 Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Ketua KPU Pandeglang, Nunung Nurazizah menyampaikan, setelah menerima rekomendasi dari Bawaslu pihaknya langsung menggelar rapat internal dan memutuskan untuk segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut dengan menggelar PSU.

“Pagi ini kami sudah menerima rekomendasi dari Bawaslu untuk melaksanakan PSU di TPS 13 Kelurahan Pandeglang. Adapun tindaklanjutnya kami sudah melakukan pleno internal dengan seluruh komisioner dan kami menetapkan akan dilaksanakan PSU itu pada tanggal 24 Februari 2024,” kata Nunung saat ditemui di ruangannya, Selasa (20/2/2024).

Ia juga mengklaim bahwa pihaknya sudah mulai melakukan berbagai tahapan untuk melakukan PSU dengan mempersiapkan logistik suara dan kebutuhan lainnya.

“Mulai hari ini kami sudah berbenah untuk melakukan persiapan logistik, administrasi dan lain sebagainya karena hari ini bertepatan dengan dimulainya pleno di tingkat PPK,” terangnya.

Akibat akan dilakukannya PSU, pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kecamatan Pandeglang terpaksa akan ditunda hingga PSU tersebut selesai dilaksanakan.

Bawaslu meminta kami juga agar menghentikan pleno rekap di PPK Pandeglang, jadi PPK Pandeglang belum bisa melaksanakan pleno rekapitulasi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk nasib petugas KPPS yang sebelumnya bertugas di TPS 13 akan diputuskan setelah investigasi yang dilakukan oleh KPU. Jika petugas tersebut terbukti melakukan pelanggaran maka sanksinya tidak akan dilibatkan dalam PSU yang akan datang.

Ia menambahkan, jika KPPS tersebut terbukti melanggar aturan maka yang akan bertugas melakukan PSU di TPS 13 adalah KPPS dari TPS yang paling dekat dengan TPS 13 itu.

“Hari ini kami juga akan langsung turun ke Kelurahan Pandeglang melakukan klarifikasi terhadap sejumlah KPPS yang bertugas di TPS 13 dan kami akan melaksanakan evaluasi apa saja yang terjadi dan kalau memang mereka melakukan kesalahan dengan sengaja tentunya sanksi dengan tidak ditugaskan kembali pada PSU nanti. Kami akan tugaskan dari TPS terdekat dan kalau dari sana masih kurang mungkin juga bisa dari PPS-nya,” tutupnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini