Beranda Pilkada Serentak 2020 KPU Lebak Masih Kekurangan Kotak dan Bilik Suara

KPU Lebak Masih Kekurangan Kotak dan Bilik Suara

Kotak suara Pemilu 2019 mulai dirakit di gudang KPU Lebak, Senin (18/2/2019). (Ali/bantennews)

LEBAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak saat ini masih kekurangan 160 kotak dan ribuan bilik suara untuk Pemilu 2019. Kekurangan tersebut diketahui setelah dilakukannya perakitan kotak suara pada Minggu (17/2/2019) lalu.

Ketua KPU Lebak, Ni’matullah mengatakan kekurangan logistik tersebut disebabkan adanya penambahan 19 TPS pada Pemilu 2019. KPU Lebak sendiri telah melakukan perakitan kotak suara sebanyak 20.286 kotak suara yang akan didistribusikan ke 3.992 TPS.

Dalam tahap perakitannya, KPU Lebak belum menemukan adanya kerusakan, ataupun kotak suara yang cacat.

Menurut Ni’matullah selain kotak suara, KPU Lebak juga masih kekurangan logistik berupa bilik suara dan tinta. KPU masih kekurangan bilik suara sebanyak 2.918 dan tinta sebanyak 38.

”Kami sudah ajukan kepada KPU Pusat untuk melakukan pengiriman kekurangan logistik tersebut,” kata Ketua KPU Lebak, Ni’matullah Selasa (19/2/2019).

Mengenai bilik suara, kata dia, jika tidak ada kiriman logistik, KPU masih bisa menggunakan bilik suara berbahan aluminium sisa pelaksanaan Pilkada Lebak 2018.

“Walaupun masih bisa menggunakan bilik suara bekas Pilkada kemarin, saya harap KPU Pusat bisa mengirimkan kekurangan tersebut, agar semuanya merata,” katanya.

Ia menuturkan, KPU Lebak akan menerima kekurangan kotak suara yang berbarengan dengan surat suara pada awal bulan Maret 2019.

Dirinya berharap KPU Pusat segera melakukan pengiriman kekurangan pasokan logistik berupa kotak suara dan logistik lainya tepat pada waktunya. “Tentunya kita harap logistik sudah clear, dan dapat tersampaikan tepat waktu,” harapnya.

Ni’matullah menambahkan KPU Lebak akan mulai melakukan distribusi logistik ke setiap TPS se Kabupaten Lebak pada akhir bulan Febuari 2019. Pendistribusiannya sendiri akan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

“Logistik luar berupa spidol dan lain-lainnya akan didistribusikan pada akhir bulan Febuari. Sedangkan surat suara dan kotak suaranya akan didistribusikan berbarengan pada bulan Maret,” pungkasnya. (Ali/Red)