Beranda Politik KPU Kota Serang Terima 974 Boks Surat Suara untuk 1.828 TPS

KPU Kota Serang Terima 974 Boks Surat Suara untuk 1.828 TPS

245
0
Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran bersama Bawaslu Kota Serang dan aparat keamanan memantau surat suara yang baru diterima. (Ade/bantennews)

 

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menerima sebanyak 974 boks surat suara Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Banten II. Masing-masing berisi 500 lembar surat suara dikirim ke Gudang KPU Kota Serang di Jalan Trip Jamaksari, Cinanggung, Kota Serang, Jumat (8/2/2019).

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan, 974 boks surat suara tersebut untuk mengakomodir kebutuhan enam daerah pemilihan di Kota Serang di 1.828 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Tadi dibuka di hadapan Pimpinan Bawaslu dan Kepolisian. Itu isinya sama. Surat suara sesuai dengan DCT,” kata Ade kepada wartawan.

Ada 16 Partai Politik (Parpol) yang mengajukan calon di daerah Banten II. Setelah dilakukan pengecekan satu persatu nama calon di surat suara dan dari sempel tersebut.

“Dari sempel surat suara yang kita pastikan asli dari percetakan ada barcode dan kode wilayah. Barcode di tampilan bawah sebelah kanan, kode wilayah di tampilan belakang, dan kode wilayah muncul juga di surat suara sebelah kanan atas,” katanya.

Sebelumnya, KPU Kota Serang telah menerima sebanyak 957 boks surat suara Caleg DPRD Kota Serang pada Senin (4/2/2019) lalu. Masing-masing berisi 500 lembar surat suara.

Selanjutnya, tahapan propesi pelipatan surat suara akan dilakukan pada akhir Maret. Untuk proses sortir dan lipat surat suara, pihaknya akan menggunakan tenaga ahli, tidak lagi menggunakan masyarakat biasa dikhawatirkan surat suara rusak saat proses pelipatan.

“Kalau dilakukan masyarakat yang tidak memiliki keahlian dikhawatirkan bisa rusak. Kita sudah sonding ke satu perusahaan kertas di Serang. Dan pola ini pernah dilakukan oleh KPU daerah lain di Banten. Sistemnya kontrak. Mereka mengirim sejumlah orang,” katanya. (You/Red)