Beranda Peristiwa KPU Kabupaten Serang Muktahirkan Daftar Pemilih Berkelanjutan

KPU Kabupaten Serang Muktahirkan Daftar Pemilih Berkelanjutan

Penandatanganan MoU Daftar Pemilihan Berkelanjutan (DPB) antara KPU Kabupaten Serang dengan Pemda Serang, Senin (15/3/2021) (Nindia/BantenNews.co.id)

KAB. SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Bulan Maret tahun 2021 di Hotel Ledian, Kota Serang pada Senin (15/3/2021).

Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Serang. DPB tersebut diagendakan akan diupdate dengan periode 3 bulan sekali agar datanya lebih efektif.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan tujuan dari dilakukannya pemutakhiran data pemilih tersebut agar mendapat data yang akurat, akuntabel, dan berkualitas.

“Sejauh ini KPU sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan DPB, daftar pemilih pasti akan selalu berubah oleh karena itu upayanya dilakukan update pertiga bulan sekali,” ujarnya.

Abidin mengungkapkan upaya lain yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Serang untuk menyukseskan pemutakhiran DPB adalah dengan membuat sebuah aplikasi ‘Sistem Informasi Kumpulan Arsip Kepemiluan’.

“Jadi semua kumpulan arsip kepemiluan termasuk hasil pilkada, siapa pemenangnya, semua akan ada di aplikasi itu,” ungkap Abidin.

Ia juga mengatakan bahwa untuk pemutakhiran data tersebut membutuhkan koordinasi dengan instansi-instansi terkait yakni terutama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Tidak hanya membutuhkan koordinasi dengan instansi-instansi tersebut, lanjut Abidin, sosialisasi ke masyarakat yang harus dilakukan oleh para kepala desa dan para camat juga menjadi sebuah faktor penting.

“Masyarakat dituntut untuk aktif dalam mendaftarkan dirinya baik itu data pemilih pemula, data pemilih yang berpindah tempat tinggal, maupun data yang meninggal,” tuturnya.

(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini