Beranda Politik KPU Cilegon Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

KPU Cilegon Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

KPU Cilegon gelar simulasi. (Maulana/bantennews)

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar simulasi pemantapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap Pemilu serentak 2024.

Simulasi itu digelar di TPS 7, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 269 yang terdiri dari 131 laki-laki dan 138 perempuan.

Kepala Divisi Teknis Pencalonan KPU Kota Cilegon, Urip Haryantoni mengatakan dalam simulasi ini dibuat sedemikian persis dengan yang nanti dipraktikkan pada 14 Februari 2024 nanti.

Simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara ini dilakukan oleh anggota KPPS TPS 7 dengan menghadirkan pengawas, saksi-saksi dan stakeholder lainnya.

“Ini simulasi pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Mudah-mudahan hasil dari simulasi ini yang nanti teman-teman PPK dan PPS akan melakukan bimtek pemantapan terhadap anggota KPPS,” kata Urip, Selasa (30/1/2024)

Urip mengungkapkan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini selain bertujuan untuk mengedukasi dan melatih anggota KPPS, juga sebagai tolok ukur untuk mengetahui estimasi waktu yang dibutuhkan.

“Tadi dibuka jam 7 pagi, nanti jam 1 siang ditutup kemudian istirahat untuk proses penghitungan. Simulasi ini juga dilaksanakan agar kita bisa mengetahui berapa estimasi waktunya dari mulai pemungutan sampai selesai penghitungan seluruhnya,” ungkapnya.

Lebih jauh, kata Urip, dalam simulasi ini juga pihaknya mencoba mempraktikkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Menurutnya, uji coba Sirekap ini juga sangat penting karena berkenaan dengan hasil laporan penghitungan suara yang tersistem.

“Hal yang penting juga sampai ada penggunaan aplikasi Sirekap yang nanti juga ada tata cara penulisan yang kita nilai, karena berkenaan dengan Sirekap itu kita memastikan bahwa support terhadap proses Sirekap ini yang akan kita sampaikan,” ucapnya.

Hingga saat ini, dalam pelaksanaan rangkaian menuju Pemilu serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang KPU Kota Cilegon telah melaksanakan simulasi sebanyak 2 kali.

“Desember kemarin sudah kita adakan. Hari ini kita untuk memastikan dan memantapkan lagi,” tutup Urip.

(Mg-STT/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ