Beranda Pariwisata Kota Tangerang Kini Punya Wisata Edukasi di Kecamatan Pinang

Kota Tangerang Kini Punya Wisata Edukasi di Kecamatan Pinang

Wisata Edukasi di wilayah Kelurahan Sudimara Pinang Kecamatan Pinang Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Melihat peluang usaha yang ada dan memanfaatkan lahan di sekitaran perumahan warga, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sudimara Pinang membuka Wisata Edukasi di wilayah Kelurahan Sudimara Pinang Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Berdiri di atas lahan 250 meter persegi, Wisata Edukasi Sudimara Pinang tak hanya sekedar edukasi bagi siswa. Melainkan menjadi media hiburan dan pengalaman siswa dalam melihat dan mengenal langsung jenis-jenis tanaman sayur mayur yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

“Siswa mendapatkan pengalaman secara langsung dengan melihat dan mengetahui proses terjadinya pertumbuhan tanaman sayur mayur yang biasa dikonsumsi oleh siswa sehari-hari. Ini juga menjadi bentuk hiburan mengingat lahan hijau di tengah perkotaan sudah semakin sempit,” sebut Ade Fahmi Kepala Kelurahan Sudimara Pinang saat menerima kunjungan pertama oleh TK Nur Amalia ke lokasi Wisata Edukasi Sudimara Pinang pada, Rabu (7/12/2022).

Ade juga berharap semoga kedepannya Wisata Edukasi Sudimara Pinang bisa terus berkembang dan dikenal oleh masyrakat kota Tangerang.

“Kedepannya saya berharap, Wisata Edukasi Sudimara Pinang bisa terus berkembang seperti wisata edukasi lainnya yang terletak di luar kota, sehingga siswa atau masyarakat di Kota Tangerang tak perlu ke luar kota untuk mendapatkan pengalaman urban farming,” harap Ade.

Lebih lanjut, Taufik Azhari selaku Ketua KIM Sudimara Pinang menjelaskan bahwa dalam satu kali kunjungan siswa akan mendapatakan 3 jenis wisata edukasi secara langsung.

“Dalam satu kali kunjungan, para siswa mendapatkan pengalaman serta edukasi mengenai jenis-jenis tanaman mulai dari pembibitan hingga siap panen di Ya Yu green house. Setelah mendapatkan edukasi perihal tanaman, siswa juga diajak berkunjung ke Rumah UMKM Kerajinan Tangan Lumintu, dimana sampah plastik dapat diolah menjadi barang-barang layak jual. Terakhir siswa dapat mempelajari bududaya ikan lele di rumah Penangkaran Lele Sudimara Pinang,” jabar Taufik.

Dalam pengelolaannya KIM Sudimara Pinang bekerjasama dengan pihak swasta serta masyarakat sekitar sebagai salah satu upaya pemberdayaan ekonomi disekitar lokasi wisata.

“Perdana, kami membuka Wisata Edukasi Sudimara Pinang kepada masyarakat umum, wisata tersebut dikelola oleh KIM, warga sekitar dan bantuan CSR dari PT. Ya Yu. Hari ini TK Nur Amelia yang menjadi pengunjung pertama pada Wisata Edukasi Sudimara Pinang,”

Taufik juga menyebutkan untuk reservasi Wisata Edukasi Sudimara Pinang dapat menghubungi nomor telepon 081212562839 dengan harga tiket masuk sebesar 50.000 rupiah per orangnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ