Beranda Pemilu 2024 Kota Tangerang Kerap Banjir, KPU: Ganggu Distribusi Logistik Pemilu 2024

Kota Tangerang Kerap Banjir, KPU: Ganggu Distribusi Logistik Pemilu 2024

Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah - (Foto Usman Temposo/BantenNews.co.id)

TANGERANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, Qori Ayatullah menyatakan pihaknya telah melakukan mitigasi terhadap kerawanan proses Pemilu 2024.

Salah satu yang menjadi kerawanan dalam Pemilu 2024 di Kota Tangerang adalah masalah banjir. Dimana bencana banjir di Kota pecahan Kabupaten Tangerang tersebut dapat mengganggu jalannya proses pesta demokrasi.

“Kami sudah antisipasi segala kemungkinan, khususnya banjir, pertama kita sudah memitigasi TPS-TPS yang rawan banjir dan sebagainya, kita sudah mitigasi dan geser logistik dan TPS ke tempat-tempat yang sekiranya tidak terkendala banjir,” ujar Qori Ayatullah, Senin (29/1/2024).

Dia mencatat daerah rawan banjir yang dapat mengganggu Pemilu 2024 yakni terdapat di beberapa kecamatan yakni Kecamatan Ciledug, Kecamatan Larangan dan Kecamatan Karang Tengah.

“Di Dapil 4 khususnya, kemungkinan yang sudah banyak bergeser TPS-nya dari yang semula karena satu lain hal seperti banjir. TPS bergeser ke tempat-tempat yang tidak banjir,” terangnya.

Akibat kerawanan banjir, lanjutnya, distribusi logistik di Karang Tengah misalnya terpaksa digeser ke Kecamatan Ciledug.

“Logistik di wilayah Karang Tengah gor logistiknya digeser di wilayah Ciledug Indah,” paparnya.

Sebagai langkah solusi supaya logistik Pemilu 2024 tetap aman, kata dia, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemkot Tangerang maupun Pemprov Banten.

“Kita juga gunakan salah satu Gedung Pemerintah Provinsi Banten, seperti di SMK 11 Kota Tangerang yang tidak banjir. Ini nanti untuk menaruh kotak suara, maupun rekapitulasi pada saat rekap pemungutan suara di Kecamatan Karang Tengah,” ungkapnya.

Meski demikian, kata dia, untuk sementara ini logistik di 13 kecamatan di Kota Tangerang masih aman dan bisa digunakan pada Pemilu 2024 mendatang.

“Tinggal bagaimana nanti koordinasi dengan pemerintah daerah terkait gor-gor yang bocor, itu sudah disiasati sebelum nanti distribusi logistik kita sampai ke gor-gor di setiap kecamatan,” katanya.

Dia menambahkan saat ini distribusi logistik Pemilu 2024 sudah berjalan sebagian dikirim ke tiap gudang logistik setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

“Pendistribusian logistik sebagian sudah mulai khususnya di Kecamatan Cibodas, beberapa logistik seperti kotak suara sudah dikirim dari gudang dua. Selebihnya bulan ini insya Allah selesai semua kita dorong 14 Februari 2024 beres semua,” imbuhnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini