Beranda Pemerintahan Kota Serang Optimis Jadi Tuan Rumah Pekan Daerah Pertanian ke-VI

Kota Serang Optimis Jadi Tuan Rumah Pekan Daerah Pertanian ke-VI

254
0
Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin (berdiri) di acara KTNA. (Ade/bantennews)

 

SERANG- Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang melalui Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan  (KTNA) saat ini tengah mempersiapkan pembekalan Pekan Daerah (PEDA) Pertanian ke-VI, yang diikuti oleh setiap kontingen KTNA Kota/Kabupaten se-Provinsi Banten.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan tepatnya di lapangan Boru Curug, Kota Serang pada 7-11 Oktober mendatang. Kota Serang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirim kontingen sebanyak 100 peserta.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai ajang silaturahmi serta untuk meningkatkan kreatifitas para petani di Banten.

Ketua KTNA Kecamatan Kasemen Didin Samsudin mengatakan saat ini Kota Serang tengah mempersiapkan pembekalan Pekan Daerah (PEDA) Pertanian ke-VI, sebab
kegiatan ini rutin diadakan empat tahun sekali. Tahun ini Kota Serang menjadi tuan rumah.

“Saat ini Kota Serang menjadi tuan rumah, tempatnya di lapangan Boru Curug oleh karena itu saat ini sedang melakukan persiapan,” ujarnya, Senin (16/9/2019).

Ia juga menyebutkan, peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 100 peserta masing-masing dari 6 Kecamatan Kota Serang.
“Diantaranya 75 peserta, kemudian dari penyuluh pembimbing kami sebanyak 25,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dipilihnya Kecamatan Curug sebagai lokasi karena sangat strategis dan juga banyak terdapat potensi. “Ini hasil dari pada rembuk KTNA sendiri. Pertimbangannya karena perkantoran KP3B dekat, dan tempat kegiatan itu juga di sekitar itu banyaknya di Curug,” ujarnya

 

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin meminta kepada petani, nelayan, dan peternak untuk menampilkan produk unggulan khas Kota Serang.

“Saya berharap produk-produk unggulan mulai dari konsumsi yang ada kaitannya dengan makanan khas Kota Serang contohnya Sate Bandeng, atraksi khas Kota Serang itu disajikan di acara  nanti. Karena itu akan mengharumkan nama Kota Serang sendiri,”ujarnya.

Ia juga menekankan kepada KTNA Kota Serang untuk menyiapkan transportasi karena untuk membawa peserta mengunjungi lokasi-lokasi yang akan dikunjungi peserta.

“Semua itu harus disiapkan secara matang, termasuk juga menghormati para peserta, dan capaian program KTNA, supaya kita sukses menjadi tuan rumah, dan mudah-mudahan juga sukses prestasi,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal itu semua, Pemkot Serang pun sangat mendukung melalui penganggaran melalui APBD Perubahan tahun 2019.

“Anggaran PEDA ini tidak banyak ya karena di perubahan dan menyesuaikan keadaan Pemkot Serang Rp 170 juta. Mudah-mudahan dengan anggaran itu Kota Serang sukses tuan rumah, dan juga sukses prestasi,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang Edinata Sukarya menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan delapan item untuk menyambut PEDA tahun ini.

“Delapan item itu di antaranya adalah kita punya pertanian, peternakan, perikanan (BBI), punya unggulan sate bandeng. Semua disiapkan untuk peninjauan oleh peserta, terus juga ada ketahanan pangan. Kita punya KPR (kawasan pangan lestari) pertanian holtikultur, dan pembibitan,” ucapnya.

Saat disinggung soal keinginan Wakil Walikota Subadri yang ingin sukses, ia mengaku siap untuk memperjuangkannya.

“Iya itu termasuk kita siap. Kita juga pengen sebagai tuan rumah. Karena sebagai tuan rumah apa yang terbaik. Makanya kita sebagai tuan rumah kita lakukan pembenahan. Kita juga pernah menyandang BPP terbaik se Indonesia. Kita tidak yakin tapi kita pengen. Ya optimis harus ada yang dapat,” ucapnya. (Dhe/Red)