Beranda Sosial dan Budaya Kota Serang Butuh Pemuda yang Kritis

Kota Serang Butuh Pemuda yang Kritis

Suasana diskusi di Rumah Dunia, Kota Serang, Banten.

SERANG – Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Di tahun 2020 ini juga pemuda menjadi tonggak pembaharuan dan sebagai pelopor pembangunan dan peningkatan kesejahteraan manusia. Peran pemuda di zaman Bonus Demografi 4.0 ini tidak bisa dipandang sebelah  mata, pemuda tidak hanya bisa dipandang sebagai generasi penerus bangsa tapi juga hari ini akan dituntut pemikiran dan gagasannya dalam membangun bangsa.

Catatan kritis dari pemuda tentu dibutuhkan dalam pembangunan Kota Serang dalam seluruh segi. Sebagai bentuk komitmen nyata pemuda mempunyai gagasan pembangunan Kota Serang.

Dalam momentum sumpah pemuda ini DPC GMNI Serang, PC SAPMA Kota Serang, dan PC PMII Kota Serang menggelar diskusi kepemudaan yang bertajuk Peran Pemuda Dalam Pembangunan Kota Serang. Diskusi yang terselenggara di Rumah Dunia ini dihadiri oleh banyak elemen organisasi mahasiswa, Rabu (28/10/2020).

Wakil Ketua II Sapma PP Kota Serang, Ibnu Umam dalam diskusi menyampaikan bahwa partisipasi pemuda dalam pembangunan Kota Serang adalah sebuah keharusan dan semangat pemuda juga harus digelorakan untuk membuat Kota Serang lebih baik.

“Dalam perjalanan pembangunan Kota Serang peran pemuda cukup dominan secara skala pemikiran, dan dalam momentum Sumpah Pemuda ini juga bisa menjadi catatan khusus bagaimana pandangan pemuda dalam menilai pembangunan Kota Serang,” ujar Ibnu.

Selaras dengan Ibnu, Ketua PC PMII Kota Serang Abdul Muhit Harry memandang semangat pemuda terhadap pembangunan Kota Serang juga harus didukung penuh oleh Pemerintah Kota Serang dan pemuda harus punya wdah yang jelas untuk menuangkan wadah pemikirannya, KNPI sebagai wadah pemuda di Kota Serang tentu belum menunjukkan peran dan fungsinya dengan jelas.

“Hari ini kita lihat di Kota Serang semangat pemuda cukup tinggi dalam pengambil peran di pembangunan termasuk dalam sektor UMKM. Banyak UMKM di Kota Serang digagas oleh pemuda, tapi sayangnua belum ada support yang jelas dari pemerintah Kota Serang,” disampaikan Muhit dalam diskusi.

Ketua DPC GMNI Serang, Arman menyampaikan tentang bagaimana Kota Serang harus punya pijakan yang jelas untuk memulai pembangunan, salah satunya dengan segera mengesahkan Perda RTRW yang hari ini dibahas oleh DPRD Kota Serang.

“RTRW harus segera disahkan, tapi harus diperhatikan juga jangan sampai dalam RTRW ini tidak terciptakan, kalau Kota Serang ingin membuka investasi tentu jangan sampai mengganggu lahan pangan pertanian berkelanjutan.” ujar Arman saat diskusi. (You/Red)