Beranda Pemerintahan Kota Serang Bakal Punya Perpustakaan Keren

Kota Serang Bakal Punya Perpustakaan Keren

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang Wahyu Nurjamil. (Ade/bantennews.co.id)

SERANG – Kota Serang bakal segera punya gedung layanan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bahan bacaan. Pembangunan gedung perpustakaan di pusat Ibukota Provinsi Banten ini akan didanai pemerintah pusat dan Pemkot Serang. Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi bantuan untuk pembangunan perpustakaan ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp10 miliar. Dana tesebut ditambah dana dari APBD Kota Serang sebesar Rp3 miliar.

Rencananya gedung perpusatakaan Kota Serang ini akan dibangun di atas lahan seluas 7.700 meter di Batok Bali, Ciracas, Kota Serang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang Wahyu Nurjamil mentakan bahwa pihaknya cukup lama meyakinkan Perpusnas akan kebutuhan perpustakaan yang layak di Kota Serang. Dikatakan pihaknya telah menerima informasi sudah dialokasikannya DAK pembangunan perpustakaan dari Perpusnas untuk Kota Serang. “Anggaran ini perencanaan 2019, usulan 2020 dan pembangunan 2021. Dan selain Rp10 miliar, ada tanggungjawab daerah penambahan Rp3 miliar, ini untuk menambah bangunan selain bangunan layanan,” ucapnya.

Dikatakan Wahyu, nantinya di gedung tersebut ada untuk layanan perpustakaan dan kantor DPK. Adapun luas lahan yang disiapkan 7.700 meter, yang merupakan lahan  aset milik pemkot. “Lokasinya sesuai dengan amanat Pak Walikota di Batok Bali Ciracas,” ujarnya.

Dijelaskan Wahyu, rencananya  gedung akan dibangun dua lantai. Untuk lantai satu dipusatkan untuk layananan para pemustaka, perpustakaan umum, anak, dan ruang diskusi, serta perpustakaan digital. Lantai dua ada beberapa ruangan perkantoran dan miniteater.
“Desain muka depan bisa jadi icon. Karena kita desain semenarik mungkin yang bertujuan supaya minat pengunjung tinggi dan membumikan kebutuhan pemustaka di Kota Serang. Kalau kita (Kota Serang-red) sudah punya gedung yang komprehensif, dan buku-buku memadai sehingga memudahkan pemustaka,” ucapnya.

Walikota Serang Syafrudin memberi apresiasi kepada Kepala DPK Wahyu Nurjamil, atas upayanya dalam mendapatkan bantuan Rp10 miliar yang berasal dari DAK Perpusnas itu.
“Berkat upaya dan perjuangan yang dilakukan Kepala DPK, sehingga Pemkot Serang dipastikan mendapatkan alokasi anggaran Rp10 miliar melalui DAK Perpusnas. Anggaran itu akan digunakan untuk membangun gedung Perpustakaan baru,” ujarnya.

Menurutnya, dengan tuntasnya pembangunan gedung itu nanti maka kenyamanan petugas dalam memberikan pelayanan serta masyarakat dalam mendapatkan pelayanan akan benar-benar tercapai. “Melalui anggaran bersumber dari DAK Perpusnas itu, maka Pemkot Serang akan memiliki gedung yang benar-benar nyaman dan representatif. Kami juga berharap, pembangunan gedung itu mendapat dukungan penuh dari masyarakat,” ucapnya. (Adv/diskominfo)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini