Beranda Peristiwa Korsleting Listrik, Ponpes Nurul Dzolam di Majasari Pandeglang Ludes Kebakaran

Korsleting Listrik, Ponpes Nurul Dzolam di Majasari Pandeglang Ludes Kebakaran

Ponpes Nurul Dzolam di Majasari Pandeglang Ludes Kebakaran - foto istimewa

PANDEGLANG – Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Dzolam milik ustad Sukatma (52) yang berada di Kampung Babakan Pasir RT 02 RW 10, Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ludes kebakaran.

Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Diduga api berasal korsleting listrik salah satu kamar yang ada di Ponpes tersebut, api baru bisa dipadamkan setelah 2 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Kasi Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Pandeglang, Endan Permana mengatakan, api pertama kali diketahui oleh salah satu santri yang berada di lokasi kejadian.

Bangunan Ponpes yang sebagian besar terbuat dari kayu dan bambu membuat api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bangunan Ponpes. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun barang-barang milik santri sebagian besar ikut terbakar.

“Bangunan Ponpesnya semi permanen sehingga api cepat menyebar ke bagian lain, ada sekitar 5 kamar yang terbakar. Korban jiwa alhamdulilah tidak ada cuman sepertinya barang-barang milik santri ikut terbakar,” kata Endan, Minggu (18/9/2022).

Saat ini, kata Endan, para santri untuk sementara tinggal di rumah kyai dan sebagian lagi tinggal di majlis Ponpes. Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk bantuan paling besok baru disalurkan. Para santri tinggal sementara di rumah kiyai atau di majlis Ponpes sebab yang terbakar hanya kamar santri saja,” tutupnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini