Beranda Bisnis Koperasi Harus Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Koperasi Harus Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

163
0
Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tahun di Kabupaten Pandeglang - foto istimewa

PANDEGLANG – Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tahun di Kabupaten Pandeglang mengusung tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’, tema ini di nilai penting karena saat ini semua industri akan menggunakan teknologi digitalisasi dan artificial intelegence (Kecerdasan buatan).

Untuk itu dunia Perkoperasian mau tidak mau harus siap menghadapi era digital tersebut dengan melakukan reformasi total koperasi. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin saat membuka acara Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tingkat Kabupaten Pandeglang, di Jl. Kesehatan Pandeglang (didepan Mesjid Agung Arrahman), Selasa (15/10/2019).

Terkait bentuk reformasi total perkoperasian, Pery mengatakan ada tiga langkah strategis yang harus dilakukan. “Pertama, Reoreientasi Koperasi yang mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya, bukan lagi pada kuantitas. Kedua, Rehabilitasi Koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar pembenahan koperasi. Dan ketiga, terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi”, ungkapnya melalui siaran tertulis.

Di akhir sambutannya, pery menegaskan agar koperasi dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam perubahan zaman.

“Untuk itu sudah saatnya, koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform E-Commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pandeglang, Tatang Muhtasar menjelaskan, Peringatan Hari Koperasi tahun ini banyak kegiatan digelar.

“Seperti tadi pagi kita baru saja melaksanakan Gerak Jalan Sehat yang diikuti oleh ribuan peserta dengan doorprize utama sepeda motor, kita juga menggelar Donor Darah, Santunan anak yatim dan janda tua, pembagian sembako, serta gelar produk koperasi dan UMKM,” ujarnya.

(Red)