Beranda Pemerintahan Kopassus Akan Bangun Tempat Latihan di Pandeglang

Kopassus Akan Bangun Tempat Latihan di Pandeglang

52
0
Rapat antara pihak Pemkab Pandeglang dengan utusan dari Grup 1 Kopassus membahas rencana pembangunan markas latihan Kopassus di Pandeglang. (Fotografer: Memed/Bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Guna mengantisipasi ancaman dari luar, Grup 1 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menindaklanjuti rencana pembangunan tempat latihan di Kabupaten Pandeglang. Hal itu dibuktikan dengan adanya utusan dari Kopassus membahas rekomendasi lahan dengan Pemkab Pandeglang.

Kepala Seksi Teritorial Grup 1 Kopasus, Mayor Infantri Usman mengatakan alasan memilih Kabupaten Pandeglang sebagai tempat latihan karena Pandeglang adalah salah satu daerah yang masih luas ketersediaan lahannya. Berbeda dengan wilayah utara Provinsi Banten yang sudah banyak perkotaan.

Selain wilayah hutannya yang cocok untuk tempat latihan, Kabupaten Pandeglang juga memiliki dua pulau yang berhadapan langsung dengan Australia. “Di daerah selatan juga ada dua pulau yakni Pulau Deli dan Pulau Tinjil yang mana kalau kita lihat itu tegak lurus dengan Australia. Australia punya sejarah yang kurang bagus dengan negara kita dengan lepasnya Provinsi Timor Timor itu juga karena dari arah sana. Kami tidak mau kecolongan, oleh karena itu kami akan menjadikan daerah latihan Kopasus disana (Cimanggu dan Cigeulis),” katanya.

Rencananya, tempat latihan Kopassus akan difokuskan menjadi dua bagian, yang pertama untuk latihan pembinaan rawa, laut, sungai dan pantai difokuskan di wilayah Cigeulis. Kemudian yang kedua untuk latihan pembinaan perkekuatan pertahaan yang akan difokuskan di daerah Cimanggu.

“Intinya adalah untuk latihan pembinaan kemudian latihan pembinaan kekuatan untuk menghadapi (serangan) dari luar, itu aja sih. Kopassus butuh tempat latihan di daerah selatan sekaligus untuk mengamankan di daerah sana,” bebernya.

Usman berharap dengan adanya tempat latihan Kopassus bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, karena dengan adanya Kopassus di Pandeglang diharapkan bisa mendatangkan investor dari luar.

“Mudah-mudahan dengan keberadaan Kopassus disana itu tingkat perkembangan ekonomi akan lebih pesat, karena secara otomatis kalau aman masyarakat dan investor akan datang, pemerintah juga akan lebih leluasa mengembangkan program-program yang sifatnya untuk kemajuan bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara itu Sekda Pandeglang, Peri Hasanudin menyampaikan Pemkab Pandeglang hanya memberikan rekomendasi lahan yang akan digunakan sebagai tempat latihan. Kata Peri, rencananya tempat latihan itu akan dibangun di dua kecamatan yakni Kecamatan Cigeulis dan Cimanggu dengan luas lahan sekitar 200 hektar.

“Kami progresnya hanya memberikan rekomendasi, ini kan tanah negara ga masalah, ini kan untuk kepentingan nasional. Kabupaten Pandeglang hanya mengeluarkan rekomendasi tetapi kami mengeluarkan rekomendasi kami juga undang semua (pihak terkait),” imbuhnya. (Med/Red)