Beranda Komunitas Komunitas SOS Ubah Popok Jadi Pupuk

Komunitas SOS Ubah Popok Jadi Pupuk

392
0
Proses pengolahan popok bayi menjadi pupuk di TPS3R, Benua Hijau Indonesia, Kota Tangerang, Senin (06/07/2020). (Alwan/bantennews.co.id)

TANGERANG – Popok bayi yang sering dianggap sebagai sampah yang tidak bisa diolah, ternyata bisa diolah menjadi pupuk yang bermanfaat bagi masyarakat. Pengolahan popok menjadi pupuk itu dilakukan Komunitas Sarana Olah Sampah (SOS) Kota Tangerang.

Bekerja sama dengan DLH Kota Tangerang, pengolahan popok menjadi pupuk ini sudah berjalan  sejak awal tahun 2019 lalu.

Ketua SOS Muhliyatun mengatakan, dalam sehari ia bisa mengolah limbah popok sebanyak 50 kg yang menghasilkan 70 liter pupuk cair yang sudah dikemas dan siap untuk dibagikan. “Saat ini, kami membagikan secara gratis untuk masyarakat yang membutuhkan pupuk tersebut,” katanya, Senin (6/7/2020).

Selain menjadi pupuk, limbah popok juga diolah menjadi energi baru yaitu berupa gas dan dimanfaatkan di lokasi pengolahan yang bertempat di TPS3R Benua Hijau Indonesia.

“Banyak daerah-daerah lain ingin mengetahui bagaimana cara pengolahannya. Kami juga bahkan membuat asbak dan pot dari sisa pengolahan popok menjadi pupuk itu,” pungkasnya. (Tra/Wan/Red)