Beranda Peristiwa Komunitas Soekarnois Gelar Bulan Inspirasi Bung Karno

Komunitas Soekarnois Gelar Bulan Inspirasi Bung Karno

Presiden Soekarno saat berkunjung ke Rangkasbitung. (ANRI)

JAKARTA – Dalam rangka menyebarkan semangat nasionalisme dan menyambut Bulan Bung Karno, yang jatuh setiap bulan Juni, berbagai komunitas menggelar event. Salah satunya adalah Forum Soekarnois, komunitas anak muda yang terdiri dari Kulturina, Youthlab, Kedai Pancasila, Lumbung Kreatif dan SelowFood.

Komunitas ini mengusung tema Bulan Inspirasi Bung Karno, sebagai upaya untuk mengingat bapak bangsa ini.

Berbagai acara digelar di antaranya adalah, kompetisi Voice Over yang telah bekerjasama dengan Komunitas Voice Over Dubber Announcer Indonesia (KVDAI). Kemudian kompetisi esport bersama IESPA dan festival mural bersama Banten Art Community.

“Dalam rangka menyebarkan semangat nasionalisme dan membangkitkan patriotisme di kalangan pemuda. Ini adalah tahun ke tiga. Tema besarnya adalah ‘Cita-Cita Ekonomi Kreatif Bung Besar,” tutur Bahroji, Inisiator Forum Soekarnois di sela-sela bincang bersama Komunitas Pelukis di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

Bahroji menjelaskan, setiap event yang dilakukan mengandung makna khusus untuk memaknai perjuangan para pendiri bangsa.

“Salah satu pemikiran Bung Karno yang menginspirasi adalah gagasan beliau mendorong masyarakat Indonesia mandiri secara ekonomi dengan ekonomi kreatif,” ungkap lelaki yang juga founder SultanTV ini.

Ekonomi Kreatif, ungkap Abah, sapaan akrab Bahroji merupakan sektor ekonomi yang sangat penting yang menuntut setiap individu memiliki daya imajinasi dan mengandalkan kreativitas.

Menurut Sumber Kementerian Ekonomi Kreatif setidaknya ada 17 Subsektor yang dikategorikan menjadi Ekonomi Kreatif, di antaranya adalah broadcasting, game, kriya dan kuliner.

Tara Talitha, Inisiator Youthlab mengatakan, rangkaian kegiatan Bulan Inspirasi Bun Karno merupakan upaya meneruskan semangat, cita-cita dan visi bapak pendiri bangsa, Bung Karno.

“Mengingat Bung Karno adalah bapak bangsa, pendiri negara dan juga proklamator Indonesia. Jadi sudah sepantasnya kita memperingati dengan baik, sebagai generasi penerus yang bertanggung jawab,” ucapnya.

Sementara itu Founder Kulturina, Lili Tjahjandari mengatakan, rangkaian kegiatan ini akan digelar di beberapa daerah, yakni di Jakarta, Serang dan Solo. “Semua temanya adalah yang berkaitan dengan Ekonomi Kreatif,” ungkap Pengajar Ilmu Budaya UI ini.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini