Beranda Peristiwa Komunitas Rail Fans dan PT KAI Kampanye Setop Pelecehan Seksual

Komunitas Rail Fans dan PT KAI Kampanye Setop Pelecehan Seksual

Kampanye Setop pelecehan seksual. (Sandi/bantennews)

LEBAK– Banyaknya kejadian pelecehan seksual kepada para penumpang  di Kereta Rel Listrik (KRL), Komunitas Rail Fans dan PT KAI Daop 1 Jakarta menggelar kampanye Setop pelecehan seksual di dalam kereta. Kampanye tersebut digelar di Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (24/7/2022).

Informasi yang didapat,  puluhan anggota Rail Fans dan PT KAI Daop 1 Jakarta membuat poster, dan selebaran kertas agar masyarakat ikut mencegah adanya pelecehan seksual.

Darul Pratama, Wakil ketua Rail Fans Wilayah 1 D mengatakan,  kampanye yang dilakukannya adalah bentuk dari keprihatian karena banyak perempuan, dan anak yang menjadi korban pelecehan seksual di dalam kereta.

“Kami di sini hadir untuk memberikan edukasi agar masyarakat ikut bersama-sama mencegah adanya pelecehan seksual di dalam kereta,” kata Darul.

Ia menjelaskan, untuk penumpang yang mengalami tindakan pelecehan, agar seger melaporkannya kepada petugas keamanan, dengan bukti foto atau video.

“Jangan segan-segan untuk melaporkan kepada pihak keamanan yang ada di dalam kereta bila ada penumpang yang mendapatkan tindakan pelecehan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, kampanye pencegahan pelecehan seksual di kereta, sebagai langkah PT KAI Daop 1 Jakarta sebagai edukasi kepada masyarakat.

“Untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal, pelaku yang terbukti atau kedapatan telah melakukan pelecehan, akan diblacklist no identitasnya, sehingga tidak bisa melakukan pemesanan tiket untuk kedepannya,” ucapnya

Evan juga berharap, melalui kampanye tersebut tindakan pelecehan seksual bisa dicegah dan tidak terjadi lagi.

“Melalui kampanye ini diharapkan tindakan pelecehan seksual di transportasi publik tidak terjadi lagi, dan masyarakat dapat menikmati perjalanan khususnya menggunakan moda kereta api dengan nyaman dan menyenangkan baik saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh,” katanya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini