Beranda Politik Komisioner Bawaslu Banten Dilantik, Ali Faisal Posisi Ketua

Komisioner Bawaslu Banten Dilantik, Ali Faisal Posisi Ketua

Komisioner Bawaslu Banten Dilantik - foto istimewa

SERANG – Bawaslu Republik Indonesia melantik anggota Bawaslu Provinsi se Indonesia pada Rabu (21/9/2022), bertempat di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta.

Diantara yang dilantik adalah anggota Bawaslu Provinsi Banten. Dari 7 anggota, ada 3 orang yang dilantik hari ini. Mereka adalah Ali Faisal, Ajat Munajat, dan Ade Wahyu Hidayat.

Selain 3 orang diatas, anggota lainnya adalah Abdurrosyid Siddiq, Muhammad Nasehudin, Badrul Munir, dan Samani. Keempatnya merupakan anggota Bawaslu Provinsi Banten periode 2018-2023.

Usai pelantikan, seluruh anggota Bawaslu Provinsi Banten langsung melakukan sidang pleno untuk menentukan ketua, koordinator divisi, dan koordinator wilayah.

Melalui rilis Bawaslu Banten, hasil pleno memutuskan Ali Faisal sebagai ketua. Sementara 6 anggota lainnya membidangi divisi-divisi. Abdurrosyid Siddiq Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Muhammad Nasehudin Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa. Badrul Munir Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran.

Kemudian Samani Koordinator Divisi Humas, Data, dan Informasi. Ajat Munajat Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat. Ade Wahyu Hidayat Koordinator Divisi Hukum, Pendidikan, dan Pelatihan.

Komposisi tersebut merupakan bentuk penyegaran dari struktur sebelumnya. Hal ini dilakukan tiada lain sebagai konsekuensi logis dari aturan baru dalam Pola Hubungan, serta cara untuk menghadirkan suasana baru.

Selain reposisi divisi, sidang pleno juga mengatur ulang komposisi koordinator wilayah. Hasilnya, Abdurrosyid Siddiq wilayah Pandeglang, Badrul Munir Kota Tangsel dan Kota Tangerang, Nasehudin Kota Serang dan Kota Cilegon.

Kemudian Samani Kabupaten Serang, Ajat Munajat Kabupaten Tangerang, dan Ade Wahyu Hidayat Kabupaten Lebak. Sementara Ali Faisal sebagai ketua tidak membidangi wilayah tertentu dan divisi tertentu.

Dengan reposisi ini, diharapkan bisa menciptakan suasana baru. Terpilihnya Ali Faisal sebagai ketua, serta anggota baru yaitu Ajat Munajat dan Ade Wahyu Hidayat, diharapkan semakin menambah soliditas serta profesional dalam melakukan tuga pengawasan Pemilu.

Sebelumnya, tiga orang anggota Bawaslu Provinsi Banten periode 2017-2022 telah habis masa jabatannya. Mereka adalah Didih M. Sudi, Nuryati Solapari, dan Ali Faisal. Nama terakhir terpilih kembali sebagai anggota Bawaslu Provinsi Banten periode 2022-2027.

Selamat atas terbentuknya struktur dan komposisi baru. Komposisi sinergis 7 orang sebagai pengawal demokrasi di Provinsi Banten. Semoga amanah dan tanggung jawab dalam mengemban tugas. (Red)