Beranda Kesehatan Kolesterol Cepat Turun, Biasakan Makan Bawang Putih

Kolesterol Cepat Turun, Biasakan Makan Bawang Putih

Ilustrasi - foto istimewa Klikdokter.com

Bawang putih adalah bumbu dasar dari setiap makanan. Meski punya banyak manfaat bagi kesehatan, banyak orang yang tidak suka dengan baunya yang kurang sedap. Dibalik aromanya yang menyengat, ternyata manfaat makan bawang putih adalah menurunkan kadar kolesterol. Bagaimana bisa?

Bawang putih sudah terkenal jadi obat herbal sejak dulu

Bawang putih atau yang dikenal dengan nama latin Allium sativum, ternyata sudah dikenal sejak era 1500 sebelum Masehi sebagai obat herbal dan bumbu masakan. Bahkan sejak dulu, banyak yang menganggap bahwa bawang putih bisa dijadikan obat sakit jantung.

Bahkan ada yang bilang makan bawang putih bisa menurunkan kolesterol yang bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung.

Benarkah manfaat makan bawang putih adalah menurunkan kolesterol?

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah atau dalam medis disebut dengan ateroskleoris. Kondisi ini dapat membuat Anda berisiko terserang berbagai penyakit jantung.

Sebenarnya, di dalam tubuh terdapat jenis kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik membantu melancarkan pembuluh darah, maka itu semakin banyak kadarnya semakin baik. Sementara kolesterol jahat yang membuat pembuluh darah mengeras dan tersumbat.

Nah, sebuah penelitian menemukan manfaat makan bawang putih terhadap kesehatan jantung dan kadar kolesterol. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa orang yang rutin makan bawang putih, memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah ketimbang yang menghindari bawang putih.

Tak hanya kolesterol, bawang putih juga menurunkan tekanan darah

Manfaat makan bawang putih lainnya adalah menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah yang berlebihan. Para ahli menyebutkan bahwa bawang putih memiliki zat yang menghambat kerja hormon angiotensin II.

Hormon angiotensin II berfungsi untuk membuat pembuluh darah menyempit, hingga akhirnya aliran darah tak lancar dan tekanan darah pun meningkat. Jika kerja hormon tersebut dihambat, maka tekanan darah akan perlahan-lahan turun dan kembali normal.

Selain itu, bawang putih juga merangsang pelebaran ukuran pembuluh darah, jadi tak akan membuat tekanan darah meningkat.

Mengakali supaya aroma bawang putih tak menempel di tangan

Bila anda tidak menyukai bawang putih karena baunya yang akan bertahan lama di tangan, berikut terdapat beberapa tips kreasi resep yang dapat dicoba tanpa membuat tangan bau.

Pakai bubuk bawang putih. Alih-ali memotongnya dengan pisau, Anda bisa membeli produk bawang putih yang sudah dijadikan bubuk. Ini cukup praktis digunakan dalam berbagai jenis masakan.

Pakai sarung tangan saat memotong bawang putih. Supaya tak meninggalkan bau menyengat, pakai sarung tangan saat mengolah bawang putih.

Gunakan alat khusus. Anda bisa menggunakan blender atau food processor untuk menggiling bawang putih. Jadi, tak perlu menggunakan tangan untuk membuatnya menjadi bumbu masakan. (Red)

Sumber : hellosehat.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini