Beranda Peristiwa Kodim Cilegon Beri Pelayanan Kesehatan dan KB untuk Warga Cikerai

Kodim Cilegon Beri Pelayanan Kesehatan dan KB untuk Warga Cikerai

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108, Kodim 0623/Cilegon memberikan manfaat kepada masyarakat. Terbaru TNI memberikan pelayanan kesehatan dan pelayanan program Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Rabu (8/7/2020).

CILEGON – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108, Kodim 0623/Cilegon memberikan manfaat kepada masyarakat. Terbaru TNI memberikan pelayanan kesehatan dan pelayanan program Keluarga Berencana (KB) kepada masyarakat di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Rabu (8/7/2020).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon.

Pelayanan kesehatan dan KB tersebut diadakan setiap satu minggu sekali selama pelaksanaan TMMD yang berlangsung hingga akhir Juli 2020 mendatang.

Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan dan KB tersebut, sejumlah tenaga medis TNI, Dinkes dan DP3AKB Cilegon diterjunkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama pelaksanaan program TMMD.

Kepala DP3AKB Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, pemberian pelayanan program KB dan kesehatan tersebut rutin dilaksanakan setiap pelaksanaan TMMD pada setiap tahunnya.

“Alhamdulillah sekalipun dimasa pandemi (Covid-19) ini, kita tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Heni saat ditemui di Polindes Cikerai.

Kata Heni, ada yang berbeda dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan dan program KB tahun ini, dimana dalam pelaksanaannya di tengah pandemi Covid-19. Sehingga pemberian pelayanan harus menerapkan protokol kesehatan.

Kata dia, ada 4 kali pelayanan dslam program yang rutin dilaksanakan pada Rabu. “Karena ini terkait dengan gerakan Rabu berKB yang selalu kita sosialisasikan kepada masyarakat, inilah saatnya masyarakat untuk menjadi akseptor KB,” terangnya.

Untuk pelayanan program KB, lanjut Heni, pihaknya memberikan pelayanan program dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) kepada akseptor dengan menggunakan implant dan IUD (Intrauterine Device).

“Yang kita fokuskan disini adalah akseptor yang menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang. Jadi diharapkan melalui program KB, dapat mewujudkan keluarga sejahtera,” terangny.

Salah seorang warga Lingkungan Perigi, Nia Kusniawati mengatakan, program TMMD yang dilaksanakan Kodim Cilegon dengan memberikan pelayanan kesehatan dan program KB secara gratis tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, ada TMMD yang berikan pelayanan kesehatan untuk warga disini. Selain itu juga ada pelayanan program KB, jadi kita disini bisa tersosialisasikan dan tahu manfaat KB,” katanya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini