Beranda Nasional Koarmada I Gelar Latihan Kesiapsiagaan Operasional PLTU Suralaya

Koarmada I Gelar Latihan Kesiapsiagaan Operasional PLTU Suralaya

Personil Koorarmadi latihan kesiapsiagaan. (Usman/bantennews)

SERANG – Koarmada I menggelar Pemantapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional PLTU Suralaya di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provin Banten, Kamis (28/3/2019).

Latihan tersebut sebagai Operasi Pengamanan Objek Vital Nasional (Obvitnas) dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI.

Hadir dalam simulasi pengamanan objek vital di PLTU Suralaya tersebut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan jajaran TNI di wilayah Banten.

Kepala Dispen Koarmada I, Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan, latihan itu guna menguji kemampuan personel dan alutsista Koarmada I dalam melaksanakan Operasi Pengamanan Obvitnas.

Dalam Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada I 2019 ini, lanjutnya, melibatkan 650 personel dengan didukung oleh unsur KRI Koarmada I seperti KRI Kapitan Patimura-371, KRI Barakuda-633, KRI Clurit-641, KRI Torani-860, KRI Tenggiri-865, KRI Semarang-593.

“Kegiatan ini juga untuk menguji Tingkat Kemampuan Gelar Sistem K3I (Komando, Kendali, Komunikasi dan Informasi). Menguji Doktrin, Prosedur dan Mekanisme Pengamanan Objek Vital Nasional yang telah disinergikan dengan Protap Satuan/Instansi/Lembaga terkait lainnya,” terangnya melalui siaran tertulis.

Sementara prosedur dan mekanisme penindakan dalam rangka Pengamanan Obvitnas meliputi pengamatan udara dan permukaan, infiltrasi udara dan permukaan, negoisasi, pembebasan sandera, pengejaran di laut (Henrikhan), jihandak, evakuasi medis dan penanganan hukum.

“Untuk unsur satuan atau pangkalan terdiri dari Satkopaska Koarmada I, Dislambair Koarmada I, Lantamal III, Lanal Banten,Tim Intelijen dan Tim Kesehatan,” imbuhnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini