Beranda Peristiwa Kloter Pertama Jemaah Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci

Kloter Pertama Jemaah Haji Tangerang Berangkat ke Tanah Suci

Ilustrasi - foto istimewa ivoox.id

TANGERANG – Jemaah haji asal Kota Tangerang diberangkatkan mulai diberangkatkan. Pada penerbangan perdana pagi ini, Selasa (17/7) melalui Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 385 jemaah diterbangkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang, Dede Mahfudin menerangkan, untuk jemaah haji yang diberangkatkan hari ini adalah yang terdaftar dalam kelompok terbang (kloter) pertama.

“Kami ada tujuh kelompok terbang, dengan jumlah jemaah total 1.914 orang,” kata Dede dilansir merdeka.com.

Dipastikan, 1.914 jemaah yang terbang sesuai jadwalnya itu telah memenuhi persyaratan mulai dari pelunasan biaya, pemeriksaan kesehatan, manasik dan pembuatan paspor.

“Sudah siap semua, tinggal menunggu jawal penerbangan. Insya Allah tak ada gangguan, semua jemaah kita bisa berhaji dan kembali ke Tanah Air,” ucapnya.

Menurutnya, pada musim haji tahun ini, terjadi peningkatan jumlah yang berangkat dari Kota Tangerang dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

“Tahun 2017 jemaah haji asal Tangerang jumlahnya 1.735 jemaah, dan sekarang di tahun 2018 ada 1.914 jemaah. Total penambahan 182 jemaah,” kata dia.

Dari jumlah tersebut, terdapat 22 jemaah yang masuk dalam katagori lanjut usia (lansia). Jemaah tertua adalah Samusairan Minin (82), asal Kampung Dangkal, Cipondoh. Sedangkan jemaah termuda adalah Aji Alfiansyah (18) asal Kampung Gebang Kecamatan Priuk.

Dia berpesan kepada jemaah, untuk menyiapkan fisik dan mental selama pelaksanaan haji. Hal itu lantaran adanya perbedaan cuaca di Arab Saudi dengan Indonesia.

“Kesehatanya dijaga, pola makan, istirahat, perbanyak minum air putih. Kami berharap seluruh jemaah kami bisa menjalankan ibadah dengan khusuk, lancar dan tenang sehingga bisa kembali bersama ke Tanah Air dengan selamat,” terang dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini