Beranda Pendidikan KKM Uniba Bantu Pemerintah Tekan Stunting di Kabupaten Serang

KKM Uniba Bantu Pemerintah Tekan Stunting di Kabupaten Serang

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas kuliah kerja mahasiswa (KKM) Universitas Bina Banga (Uniba). Pelepasan mahasiswa itu dilakukan di lapangan Uniba, Senin (18/7/2022). Hadir Rektor Uniba Furtasan Ali Yusuf dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya.

Tatu mengatakan, pihaknya sebelumnya juga sudah melepas KKM mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Itu merupakan kerjasama yang dijalin Pemkab Serang dengan perguruan tinggi.

Menurutnya, KKM mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membantu program Pemkab Serang kepada masyarakat. “Kami membutuhkan perguruan tinggi untuk membantu program kami di masyarakat,” katanya.

Karena itu, kata Tatu, program KKM mahasiswa dapat disinergikan dengan program yang ada di OPD Pemkab Serang. “Nanti sebelum mereka terjun ke lapangan, ada pembekalan dulu dari dinas,” ujarnya.

Rektor Uniba Furtasan Ali Yusuf mengatakan, ada sebanyak 1.500 mahasiswa yang mengikuti KKM. Dari jumlah itu, 800 di antaranya ditempatkan di 10 kecamatan di Kabupaten Serang.

Ia mengatakan, alasan banyaknya mahasiswa yang ditempatkan di Kabupaten Serang karena wilayah pedesaan. “Karena di Kabupaten Serang banyak wilayah pedesaan, sangat cocok untuk karakteristik pengabdian,” katanya.

Ia mengatakan, mahasiswa yang KKM akan diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat. “Terutama sosialisasi kesehatan, seperti menekan angka stunting, angka kematian ibu dan bayi,” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini