Beranda Gaya Hidup Kita Tak Boleh Terlalu Cepat Memaafkan Kesalahan Orang, Ini Alasannya!

Kita Tak Boleh Terlalu Cepat Memaafkan Kesalahan Orang, Ini Alasannya!

166
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Bukannya saling memaafkan itu sebuah kebaikan yang harus kita lakukan? Yap, itu memang betul. Tapi di sini kita akan membahas hal yang lebih dalam, yaitu kebiasaan terlalu mudah memaafkan kesalahan orang.

Sebab perilaku baik itu sebenarnya bisa membahayakan diri hingga membuat kamu terlibat dalam masalah lho. Maka dari itu ini dia lima alasan kita gak boleh terlalu mudah memaafkan kesalahan orang!

1. Kesalahan sebaiknya dijadikan pelajaran

Karena kesalahan itu bukan suatu hal yang menyenangkan, maka ada baiknya jika kita menjadikan kesalahan sebagai pelajaran. Ketika kamu gak langsung memaafkan kesalahan orang, pada saat itulah kalian saling mengambil makna dan sisi baik yang ada di baliknya.

2. Kamu jadi gak mudah untuk disakiti

Tidak memberi kata maaf dengan mudah membuat kalian disegani banyak orang. Kamu secara gak langsung menghindari hal-hal yang bikin sakit hati. Tapi kita juga jangan terlalu menyulitkan mereka yang ingin meminta maaf sebab dengan tidak terlalu cepat memaafkan juga sudah cukup guys.

3. Belajar mencintai diri sendiri lewat proteksi seperti ini

Layaknya benteng yang telah kamu buat untuk perlindungan diri, tindakan ini juga ternyata bisa membuatmu lebih mencintai diri sendiri lho. Kamu lebih memikirkan perasaan kalian sendiri dibanding terus berkorban atau rela disakiti atas perbuatan orang lain. Dengan begini kita juga gak sulit untuk merasa bahagia.

4. Kata maaf bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah dipermainkan

Memilih untuk tidak segera memaafkan kesalahan orang lain itu tindakan yang bijak. Kenapa begitu? Karena memang benar adanya, jika permintaan maaf itu bukan sesuatu yang bisa dengan mudah dipermainkan. Permintaan maaf berhubungan langsung dengan kesalahan, yang bisa berakibat pada kepercayaan seseorang. Banyak hal yang menyangkut dalam sebuah pemohonan maaf.

5. Bisa membuatmu mendewasakan diri dari berbagai kejadian yang ada

Berkat kesalahan orang yang kamu terima, berbagai pelajaran juga kamu rasakan. Banyak pelajaran yang bisa kamu renungkan sembari memberi maaf pada seseorang. Kamu bisa menenangkan diri dan memetik pesan moral yang ada dalam kesalahan orang belum kamu maafkan.

Menjadi seorang pemaaf itu tidak berarti kamu harus rela lagi dan lagi tersakiti. Dengan merubah sedikit cara kamu memaafkan orang lain, maka ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan dapatkan. (Red)

Sumber : IDN Times