Beranda Bisnis Kini Ekspor Komoditas Pertanian Bisa Lewat Kantor Pos Serang

Kini Ekspor Komoditas Pertanian Bisa Lewat Kantor Pos Serang

Foto istimewa

SERANG – Karantina Pertanian melakukan kegiatan ekspor komoditas pertanian melalui Kantor Pos Serang pada Sabtu (22/1/2022). Menurut Fitria Sari, Dokter Hewan Karantina Pertanian Cilegon, Kantor Pos Serang merupakan salah satu Wilayah Kerja (Wilker) Karantina Pertanian Cilegon.

“Kegiatan ekspor dapat dilakukan melalui Kantor Pos Serang yang merupakan salah satu wilker kami yang sudah ditetapkan pemerintah sebagai tempat pemasukan pengeluaran,” jelas Fitria dalam keterangannya.

Fitria menambahkan, melalui Kantor Pos Serang, Banten yang berkode 3003 itu aktivitas ekspor tanaman hias maupun cendra mata yang berasal dari komoditas pertanian dan peternakan dapat dilakukan sepanjang prosedur karantina terpenuhi, ekspor melalui kantor pos dapat lebih mudah, lanjut Fitria.

“Semisal tanaman hias, kerajinan dari tanduk kerbau juga komoditas lainnya dapat diekspor dengan mudah selama memenuhi prosedur yang ada,” lanjut Fitria.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Cilegon , Arum Kusnila Dewi, menegaskan komitmen jajarannya dalam mendukung percepatan ekspor komoditas pertanian.

Berbagai upaya telah dilakukan pihaknya agar masyarkat mudah melakukan ekspor. Satu di antaranya kerjasama dengan Kantor Pos Serang, Banten.

“Kerjasama dengan Kantor Pos Serang Banten ini sebagai komitmen kami untuk memudahkan masyarakat , juga pengguna e commerce dan market place dalam melakukan ekspor komoditas pertaniannya ke luar negeri,” jelas Arum.

Jauh sebelumnya, telah dilaksanakan perjanjian kerjasama antara Badan Karantina Pertanian dengan PT Pos Indonesia (Persero) dan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (ASPERINDO) nomor 2688 tahun 2010, tentang Pelaksanaan Tindakan Karantina terhadap Media Pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina serta Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina yang Berasal dari Barang Impor, Ekspor dan Antar Area yang Dikirim Melalui Jasa Pos dan/atau Jasa titipan.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini