Beranda Pemerintahan Khawatir Anggaran Seleksi CASN Hangus, Pemprov Banten Desak Pusat Keluarkan Keputusan

Khawatir Anggaran Seleksi CASN Hangus, Pemprov Banten Desak Pusat Keluarkan Keputusan

ASN Cilegon

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meminta kepada pemerintah pusat untuk segera memberikan keputusan terkait kelanjutan tahapan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Lingkup Pemprov Banten.

Pasalnya, panitia CASN Pemprov Banten khawatir anggaran untuk seleksi keburu hangus. Diketahui, saat ini Pemprov Banten masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Kepala Sub Bidang Perencanaan, Pengadaan dan Pengangkatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Ade Nuryasin mengatakan, sejauh ini anggaran untuk pelaksanaan  CASN di pemprov masih tersedia. Meski ada anggaran terkena pergeseran, itu hanya anggaran yang bukan inti dan tidak menganggu pelaksanaan CASN.

“Memang kita sudah digeser geser, dikurangi kurangi cuma dari yang lainnya yang kira kira enggak penting.  Kalau anggaran yang penting dan menunjang CPNS mah enggak di geser,” ujar Ade kepada BantenNews.co.id, Selasa (12/5/2020).

Diketahui, tahapan seleksi CPNS ditunda sementara waktu lantaran adanya pandemi Covid-19. keputusan itu tertuang dalam surat yang diterbitkan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB). Surat itu bernomor B/318/M.SM.01.00/2020 perihal penundaan jawal pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS formasi 2020.

Seyogyanya, tahapan itu pada jawal awal akan digelar pada 25 Maret. Sementara untuk pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) yang sudah digelar sebagai syarat mengikuti SKB akan diumumkan pada 22-23 Maret.

Terkait kelanjutan tahapan, Ade mengaku berdasarkan informasi dari pemerintah pusat kepastian pelaksanakan CASN disampaikan akhir bulan ini.

“Takutnya mungkin corona (Covid-19) diperpanjang atau tidak. Kalau diperpanjang mungkin belum bisa berjalan lagi. Untuk sementara ini terus berlanjut, berlanjut ke SKB,” katanya.

Mengingat situasi sedang pandemi Covid-19, saat di pemkab/pemkot di Banten muncul wanacana ingin seleksi CASN cukup sampai seleksi kompetensi dasar (SKD).

“Udah langsung lulusin aja, langsung SK CPNS (CASN),  jangan ada SKB. Nanti tinggal rangking, kalau ada dua formasinya berarti yang lulus rangking satu dan dua,” katanya.

Disinggung apakah wacana itu mengarah kepada rekomendasi untuk disampaikan ke pemerintah pusat, ia menampiknya.

“Belum, itu baru obrolan biasa aja sambil ketawa. Soalnya kan itu mau nunggu sampai kapan, anggaran keburu hangus,” ujarnya.

(Tra/Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini