Beranda Uncategorized KH Ma’ruf Amin Minta Sengketa Pemilu Diselesaikan Lewat Lembaga Resmi

KH Ma’ruf Amin Minta Sengketa Pemilu Diselesaikan Lewat Lembaga Resmi

Cawapres Nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin

SERANG – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin menegaskan tak ada alasan bagi pihak-pihak yang ingin mengerahkan people power seusai pemilu.

Dia menyatakan ada lembaga resmi yang sudah dibuka jika ada dugaan pelanggaran atau sengketa  pemilu.

“Kalau ada masalah diselesaikan melalui KPU-Bawaslu. Itu sudah ada kalau tidak selesai melalui MK. Salurannya sudah dibuka kenapa people power? Kecuali salurannya ditutup,” kata Ma’ruf setelah menghadiri syukuran bersama PWNU Banten di Kota Serang, Sabtu (27/4/2019).

Dia mengatakan saat ini semua proses sudah terbuka. Untuk menyampaikan protes terkait masalah pemilu juga disebut Ma’ruf sudah ada tata cara yang diatur dalam peraturan resmi.

“Tidak ada alasan. Kecuali yang ditutup tidak bisa ini (menggugat). Ini sudah terbuka semua, sudah ada caranya,” ujarnya dikutip dari detik.com.

People power ini awalnya disinggung oleh Amien Rais saat hadir dalam Apel Siaga Umat 313 yang disebutnya digelar untuk mencegah kecurangan pemilu. Ketua Dewan Kehormatan PAN ini menyatakan akan menggerakkan massa bila terjadi kecurangan.

Amien mengatakan akan menggerakkan massa secara demokratis. Dia menjamin tidak ada kekerasan bila nantinya massa memprotes keputusan KPU.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Nggak ada gunanya, tapi kitapeople power, people power sah,” kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).

“Bukan revolusi, kalau revolusi ada pertumpahan darah. Ini tanpa sedikit pun darah tercecer, people power akan digunakan,” jelasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini