Beranda Bisnis Keuntungan Jadi Karyawan Dulu Sebelum Buka Usaha Sendiri

Keuntungan Jadi Karyawan Dulu Sebelum Buka Usaha Sendiri

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Sebagian dari mereka yang telah memiliki modal khususnya uang yang sudah cukup untuk membiayai usaha, dan kesiapan mental dalam berwirausaha, mungkin akan segera merealisasikannya.

Tapi tidak dengan sebagian orang yang lainnya. Belum ada dana usaha, masih terikat kontrak kerja, hingga bingung mau usaha adalah beberapa faktor mendasar, seseorang belum terjun ke dunia usaha.

Nah, daripada galau mikirin kapan memiliki usaha sendiri, tidak ada salahnya kamu bekerja semaksimal mungkin dengan memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan tempat kamu kerja.

Karena, ada 7 keuntungan menjadi karyawan dahulu sebelum memiliki usaha sendiri lho. Yang kelak, akan kamu terapkan di usahamu. Dan berikut, penjelasannya.

1. Mendapatkan modal dari gaji

Keuntungan yang satu ini sudah tentu pasti, apalagi jika kamu berusaha sungguh-sungguh untuk menyisihkan sebagian dari gaji untuk di tabung sebagai modal usaha. Sebelum terjun ke dunia usaha, kesempatan ini banyak dimanfaatkan oleh banyak karyawan yang masih kurang modal.

2. Banyak memiliki relasi

Sebagai karyawan, kita pastinya akan dipertemukan dengan rekan kerja, pelanggan, maupun rekanan yang kita kenal dari perusahaan lain yang bekerja sama dengan perusahaan tempat kita bekerja.

Yang membuat kita mengenal satu dengan lainnya. Hal ini tentunya membuat kita memiliki banyak relasi. Dalam dunia wirausaha, relasi itu penting karena memudahkan kita dalam melakukan strategi pemasaran usaha di awal.

3. Memahami tentang manajemen

Sudah berapa kali kalian resign? Buat kamu yang sering berganti tempat kerja, pasti merasakan dong perbedaan dari segi peraturan, kebijakan, hingga prosedur di perusahaan lama, dan baru. Berawal dari sini, kamu bisa mencontek hal positif dari manajemen masing-masing perusahaan yang berbeda, selama kamu bekerja.

Nantinya, kamu dapat mengkombinasikan sistem manajemen yang pernah di lakukan selama bekerja di sebuah perusahaan dengan menambahkan sistem manajemen baru yang kamu inginkan untuk kebaikan usahamu.

4. Mampu berkomunikasi dengan baik

Bekerja di sebuah perusahaan, tentu kita akan di tuntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Tidak mungkin cara penyampaian kita sama halnya dalam keseharian yang umumnya bersifat non formal.

Maka dari itu, komunikasi dengan baik menjadi poin plus bagi kamu yang nantinya akan menjadi owner sekaligus pelayan pelanggan karena dengan komunikasi yang baik, kamu dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan bersama.

5. Mendapatkan tambahan keterampilan

Setiap perusahaan ingin mempunyai karyawan yang berkompeten, dan profesional dengan menguasai keterampilan tertentu. Tak jarang perusahaan memberikan fasilitas pelatihan yang bersertifikat kepada karyawan, agar memiliki keterampilan tambahan yang dapat di praktekkan untuk perusahaan.

Sebagai contoh, pelatihan K3 yang sangat bermanfaat bagi setiap karyawan untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit di dunia kerja. Tidak hanya pelatihan K3, masih banyak lainnya pelatihan keterampilan yang kelak menjadi bekal ilmu sebagai pemilik usaha.

6. Berpengalaman di bidang administrasi dan birokrasi

Dengan bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan, kita akan terbiasa mengerjakan segala administrasi dan birokrasi demi kelancaran pekerjaan. Kelak ketika terjun ke dunia usaha, kita telah memliki pengalaman di dua bidang tersebut yang menjadi kunci lancarnya operasional usaha.

7. Mudah mengenali karakter seseorang

Sebagai seorang pemilik usaha yang akan turun langsung ke usaha sendiri. Perlu sekali mengenali karakter seseorang, terutama dalam menentukan rekanan usaha maupun memilih karyawan. Hal ini meminimalisir terjadinya tindakan yang tidak diinginkan seperti, penipuan yang dilakukan rekan usaha atau pencurian barang inventaris oleh karyawan.

Bekerja di suatu perusahaan sebelum memulai usaha sendiri, membuat kita masuk dalam lingkup organisasi yang terdiri oleh banyak orang dengan peran dan karakternya masing-masing. Sehingga kita mudah memahami karakter seseorang yang berbeda-beda. Dan mengetahui dari dampak negatif/positif dari karakter tersebut.

Gimana? Sudah tahu, kan jika menjadi karyawan akan mendapatkan keutungan yang nantinya akan diterapkan untuk usaha sendiri. Sabar untuk bertahan, tapi jangan kelamaan juga ya menjadi karyawan. Agar usaha yang kamu rintis segera terealisasi. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini