Beranda Pemerintahan Ketua DPRD Pandeglang Minta Dinkes Serius Tangani Kasus DBD

Ketua DPRD Pandeglang Minta Dinkes Serius Tangani Kasus DBD

74
0
Ilustrasi - foto istimewa merdeka.com

PANDEGLANG – Ketua DPRD Pandeglang, Gunawan meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang serius tangani kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebab, banyak masyarakat di beberapa kecamatan pada bulan puasa sampai hari raya Idul Fitri terserang DBD.

“Seharusnya, Dinkes melihat cuaca yang terjadi saat ini, artinya jika cuaca itu bakal menyebabkan tumbuhnya jentik nyamuk yang mengakibatkan DBD, harus langsung mengantispasinya,” terang Gunawan, Kamis (13/6/2019).

Menurut Gunawan, salah seorang tetangganya bahkan juga pernah terserang DBD. Oleh karena itu ia mengimbau jika memang perlu dilakukan pengasapan (fogging) secepatnya sehingga tidak sampai menyebabkan ada korban jiwa.

“Yang pasti nanti saya secara kelembagaan bakal berkoordinasi, dan langsung memerintahkan agar segera bergerak menangani kasus tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Pandeglang, Dr. Kodiat Juarsa membenarkan, dari bulan Mei hingga bulan Juni ada sekitar 25 orang yang terkena kasus DBD. Namun menurutnya jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya kasusnya mengalami penurunan.

Ia menambahkan, sejauh ini Dinkes Pandeglang sudah melakukan fogging di beberapa tempat seperti di Kecamatan Jiput dua lokasi, Majasari satu lokasi, Pulosari satu, Cimanuk satu dan Kaduhejo satu lokasi.

“Kami menangani itu sesuai laporan, jika tidak ada laporan ke Puskesmas atau Dinkes kami tidak bisa menangani, itu prosedurnya. Kami juga tidak bakal langsung memfogging lingkungan tersebut, akan tetapi lebih dulu melakukan pemeriksaan,” terangnya. (Med/Red)