
SERANG – Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi melakukan sidak ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang di Ciracas pada Senin (10/6/2024).
Sidak ini dilakukan untuk memastikan kualitas pelayanan BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat Kota Serang.
Dalam sidaknya, Budi Rustandi menemukan beberapa permasalahan dalam pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang, di antaranya antrean panjang, banyak peserta yang harus mengantre berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan.
Hal ini dikeluhkan oleh beberapa peserta, seperti Farid, warga Petir, yang harus menunggu dari jam 6 pagi untuk mengurus klaim kematian kakaknya.
Ia menemukan bahwa sistem antrean belum berjalan dengan baik, sehingga masih terjadi penumpukan peserta di depan loket.
Budi Rustandi menilai bahwa jumlah CSO (Customer Service Officer) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang masih kurang. Hal ini menyebabkan waktu tunggu peserta menjadi lebih lama.
Menanggapi temuan tersebut, Budi Rustandi meminta agar BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang memperbaiki sistem antreannya agar lebih efektif dan efisien.
“Saya memninta untuk menambah jumlah CSO-nya agar dapat melayani peserta dengan lebih cepat. Kemudian menyarankan agar BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang memperpanjang jam buka loket pelayanannya agar peserta tidak perlu menunggu lama,” ujarnya.
Budi Rustandi juga meminta kepada BPJS Ketenagakerjaan pusat untuk memberikan perhatian lebih kepada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang agar dapat meningkatkan kualitas pelayanannya bagi masyarakat Kota Serang.
Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang, Ahmad Fatoni mengaku pihaknya akan meningkatkan sistem antrean pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga nanti tidak terjadi lagi penumpukan di depan gerbang kantor BPJS Ketenagakerjaan.
“Iya, mungkin kedepan usulan dari ketua dewan untuk menambah CSO di berbagai daerah, kami akan usulkan ke pusat biar segera ditindaklanjuti,” ujarnya.(Dhe/Red)