Beranda Pendidikan Ketua ABPTSI Tolak Rektor Asing di Banten

Ketua ABPTSI Tolak Rektor Asing di Banten

Ketua ABPTSI Banten Mulya R Rachmatoellah. (Ade/bantennews)

SERANG – Ketua Asosiasi Badan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI) Banten Mulya R Racmatoellah menolak rektor asing, alasannya sumber daya manusia di Indonesia sangat mumpuni, sehingga pihaknya lebih menciptakan kemandirian Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

“Saat ini kami ingin menciptakan kemandirian, tidak berorientasi kepada bantuan yang tidak terlaksana, jika kami menciptakan kemandirian tersebut rekan rekan sivitas akademika perguruan tinggi dapat menjangkau lebih luas,” ujarnya, Kamis, (26/9/2019).

Menurut dia, bantuan yang diberikan pemerintah dengan mendatangkan rektor asing tersebut tidak akan tergiur, sebab jika diberikan bantuan dari luar rata-rata yang sudah terjadi mereka akan terjebak dalam project dan itu akan mengganggu independensi.

“Perguruan tinggi swasta itu banyak dan direvisinya seperti itu. Jika rektor asing berada di Banten silakan saja walaupun kami kurang bersependapat, silakan saja masing-masing karena kita itu demokrasi, dan siapa saja bisa berpendapat,” ujarnya.

Ia mengatakan, rektor asing dapat memberikan kompetisi dan pimpinan perguruan tinggi dapat mengambil sisi baik. Pihaknya tanpa adanya rektor asing dapat melakukan kerja sama dengan perguruan lain di luar negeri.

“Silakan saja untuk kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri syaratnya mereka tidak boleh langsung. Untuk kerjasama saja tidak bisa langsung direct investment, contoh jika ada perguruan tinggi luar ingin berinvestasi di Serang itu tidak bisa, harus ada kolaborasi dengan perguruan tinggi setempat,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini