Beranda Kesehatan Ketersediaan ICU di Tangsel Menipis, Pemkot Operasikan RS Serpong Utara

Ketersediaan ICU di Tangsel Menipis, Pemkot Operasikan RS Serpong Utara

Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. (Ihya/Bantennews.co.id)

TANGSEL – Meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terjadi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), membuat ruang Intensive Care Unit (ICU) serta tempat tidur semakin menipis.

Agar ruang ICU dan tempat tidur isolasi tetap tersedia, Pemerintah Kota Tangsel mengambil jalan keluar dengan mengoperasikan Rumah Sakit Serpong Utara.

“Saya mengoperasikan rumah sakit Serpong Utara. Ada 6 ICU di sana dan ada paling tidak minimum 70 tempat tidur isolasi bahkan bisa ditingkatkan jadi 100 tempat tidur isolasi, itu yang kita lakukan hari ini dan kemarin,” ujar Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Selasa (22/6/2021).

Mudah-mudahan, kata Ben, hal ini bisa membantu. Dirinya juga sudah meminta kepada rumah sakit-rumah sakit swasta agar paling tidak mempertahankan kapasitas ruang yang ada baik ICU maupun Isolasi syukur bisa nambah 30 persen.

“Kalau prosedural penerimaan pasiennya di RS Serpong Utara seperti biasa ya, masyarakat mengakses 119. Kemudian 119 nanti akan menyalurkan kemana ada rumah sakit yang kosong,” terang Ben.

“Kalau tidak itu silakan ke puskesmas ditransit dulu di puskesmas ditangani sementara nanti baru dijalankan di sana. Kalau prosedurnya sama saja kaya yg lainnya,” pungkasnya. (Ihy/Red)