Beranda Bisnis Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru di Kabupaten Tangerang Aman

Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru di Kabupaten Tangerang Aman

Pedagang sembako di Pasar Ciruas. (Nindi/bantennews)

KAB. TANGERANG – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) harga bahan pokok di Kabupaten Tangerang meningkat signifikan. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Ujang Sudiartono, mengaku faktor cuaca mempengaruhi tingginya harga bahan-bahan pokok.

“Saat ini yang cukup tinggi terpantau cabai, bawang merah, dan bawang putih, faktor kenaikan harga terjadi karena adanya curah hujan yang tinggi, sehingga kuantitas distribusi ke pasar tradisional menjadi menurun,” ucap Ujang saat dihubungi melalui, Minggu (19/12/2021).

Ujang mengatakan, harga cabai rawit merah mencapai Rp80.000 hingga Rp100.000 per kilogram. Sedangkan jenis cabai lainnya masih relatif stabil. “Untuk bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan dengan kisaran rata-rata 10 sampai 15 persen,” jelasnya.

Selain itu, produk protein hewani lainnya juga masih berpotensi naik, seperti ayam potong dan daging sapi. Hal ini tidak terlepas dari tingginya permintaan pada akhir tahun.

“Jadi secara umum protein hewani seperti ayam, daging sapi dan ikan ini akan naik karena permintaan yang meningkat,” kata dia.

Mengenai ketersediaan bapok (bahan pokok), Ujang menyebutkan masih tergolong aman sampai akhir tahun mendatang.

“Bapok yang dibutuhkan masyarakat tetap tersedia, karena kita selalu melakukan monitoring harga secara berskala yang dilakukan setiap minggunya untuk dapat mengantisipasi jika terjadi kelangkaan stok,” tuturnya.

(Ril/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ