Beranda Uncategorized Ketegasan Penyelenggara Pemilu Jadi Kunci Sukses Pelaksanaan Tahapan Pilkada Pandeglang

Ketegasan Penyelenggara Pemilu Jadi Kunci Sukses Pelaksanaan Tahapan Pilkada Pandeglang

Sekretariat Sentra Gakumdu Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG – Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudih meminta pada penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) agar menaati peraturan yang berlaku selama pelaksanaan Pilkada 2020.

Kata dia, ketegasan dari penyelenggara Pemilu untuk mentaati aturan yang berlaku merupakan kunci sukses dalam pelaksanaan tahapan. Sebab, banyak pelanggaran ataupun suatu perkara yang masuk kemudian berlarut-larut itu berawal dari tidak tegasnya penyelenggara Pemilu.

“Saya tegaskan kembali bahwa ketegasan penyelenggara Pemilu baik Bawaslu maupun KPU dalam melaksanakan aturan yang berlaku itu kunci sukses dalam pelaksanaan tahapan,” jelas Didih usai meresmikan Sekretariat Sentra Gakumdu Kabupaten Pandeglang, Kamis (12/3/2020).

Ia berpesan, jika ada perkara Pilkada di Kabupaten Pandeglang maka harus diproses sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu, penyelengara juga dituntut harus profesional dengan menyatakan bersalah pada orang yang memang terbukti bersalah.

“Kalau memang itu bersalah diproses dan dinyatakan bersalah tapi kalau tidak bersalah nyatakan tidak bersalah, jadi harus tegas seperti itu. Berkompetisi lah dalam Pilkada ini dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang ada. Saya imbau kepada ASN, Kades mereka harus netral,” pesannya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi memastikan, apapun yang dilaporkan oleh masyarakat atau yang ditemukan pengawas Pemilu terkait adanya dugaan pelanggaran maka pihaknya siap menindaklanjuti masalah itu.

“Ya pasti kami tindaklanjuti, seperti yang disampaikan ketua Bawaslu Provinsi bahwa tidak ada temuan yang tidak diselesaikan artinya harus diselesaikan,” tegasnya.

(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini