Beranda Kesehatan Ketahui Batas Kadar Gula Normal Sesuai Usia

Ketahui Batas Kadar Gula Normal Sesuai Usia

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Kadar gula darah dalam setiap orang berbeda-beda, hal itu tergantung dari usia. Memiliki kadar gula yang berlebihan sangat tidak dianjurkan sebab bisa menimbulkan beragam penyakit seperti diabetes.

Oleh karenanya, penting bagi seseorang untuk mengetahui kadar gula darah yang normal serta batas gula darah maksimal menurut usia. Jika terjadi peningkatan atau penurunan, tindakan yang tepat bisa segera dilakukan.

Dikutip dari berbagai sumber, kadar glukosa darah yang normal dapat diukur saat berpuasa, makan, atau setelah makan. Untuk kadar glukosa darah normal pada orang dewasa sehat yang tidak makan kurang lebih 8 jam adalah kurang dari 100 mg/dL.

Sementara, kadar glukosa darah normal pada orang dewasa yang sama dua jam setelah makan adalah 90 hingga 100 mg/dL.

Kadar gula darah untuk anak usia di bawah 6 tahun berkisar 80-200 mg/dL setiap hari. Angka tersebut bisa berfluktuasi saat bangun tidur, makan, hingga sebelum tidur.

Kemudian untuk anak usia 6-12 tahun, kadar gula darah normal di kisaran 80-180 mg/dL per hari. Kadar gula darah dapat naik setelah makan karena tubuh perlu memecah glukosa yang akhirnya menyebar ke seluruh aliran darah.

Kadar gula darah normal bagi remaja usia 13-19 tahun berada di kisaran 70-150 mg/dL per hari. Jika memiliki kondisi gula darah tinggi perlu rutin memeriksa kadar gula darah dan memperhatikan makanannya serta berolahraga.

Untuk usia 20 tahun ke atas, kadar gula darah normal di kisaran 100-180 mg/dL per hari. Saat bangun di pagi hari, gula darah harus berada di titik terendah atau kurang dari 100 mg/dL. Hal ini karena tubuh belum makan selama sekitar 8 jam.

Jika kadar gula darah di bawah 70 mg/dL dan di atas 180 mg/dL ini termasuk kategori yang harus mendapat perhatian dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat

Terakhir, kadae gula darah untuk yang berusia di atas 50 tahun atau lansia, pastinya memiliki kadar gula darah normal yang berbeda dengan usia lain. Kadar gula darah untuk lansia sebelum makan disarankan < 100 mg/dL dan setelah makan <140 mg/dL.

Kadar gula darah pada lansia dianggap tinggi jika mencapai level 120-180 mg/dL pada 4-8 jam setelah makan. Lalu asuk kategori rendah jika kadarnya 60-80 mg/dL di rentang waktu yang sama.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini