Beranda Pemerintahan Kesetiakawanan Sosial Diharapkan Menjadi Perekat Bangsa

Kesetiakawanan Sosial Diharapkan Menjadi Perekat Bangsa

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana.

SERANG – Semangat kesetiakawanan sosial menjadi hal yang penting dalam merekat bangsa dalam bingkai Pancasila. Hal itu dikemukakan Pj Gubernur Banten Al Muktabar dalam acara peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Curug, Kota Serang, Selasa (21/12/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Banten tersebut dihadiri oleh berbagai elemen mulai dari Forkopimda, Pendamping Keluarga Harapan (PKH), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Saya menggarisbawahi tentang kata ‘kesetiakawanan’. ‘Setia’ berarti kita tanpa pamrih berbuat sesuatu kepada yang kita cintai. Apa yang kita cintai itu adalah negara kesatuan Republik Indonesia. Sebagai ‘kawan’ kita berstu, bersama, kita saudara. Jadi setia kawan adalah gabungan kata yang sangat mendasar,” kata Al Muktabar.

Nilai-nilai HKSN tersebut, kata Muktabar sebagai modal sosial dalam mengisi pembangunan. “Dengan modal sosial (kesetiakawanan sosial) semua bisa mudah. Semua bisa menjadi efektif. Setia itu tidak berhitung memberikan yang kita miliki, kita mendedikasikan untuk kata cinta itu,” ujar Muktabar.

Kepala Dinas Sosial Nurhana mengapresiasi para stakeholder yang sudah berkolaborasi dalam penanganan sosial di Banten. Program sosial yang kini tengah disalurkan oleh Dinas Sosial Provinsi Banten, lanjut Nurhana adalah bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada masyarakat.

“Semoga bantuan dan program yang kami salurkan dapat menjadi bukti hadirnya negara di tengah masyarakat,” ujarnya. (You/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini